Kumiawati, Dian (2007) Analisa Kelayakan Jalan Tol Bunder - Krian. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
3102100008-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (17MB) |
Abstract
Kota Gresik merupakan salah satu pusat kota pergudangan terbesar di Jawa Timur. Untuk menjadikan kota Gresik lebih berpotensial dalam sektor ekonomi. maka dihubungkanlah Bunder dengan Krian melalui jalan akses Lamongan. Adapun jalan penghubung alternative Bunder - Krian yang melalui daerah pinggir kota Gresik. Namun sering kita jumpai ruas-ruas jalan penghubung daerah Bunder - Krian atau jalan arteri tersebut dalam kondisi rusak atau dalam proses mengalami kerusakan akibat dilewati kendaraan berat. Hal tersebut merupakan salah satu pereduksi kenyamanan kelancaran berkendaraan di jalan. Karena jalan tersebut mengalami kerusakan, mengakibatkan teljadinya kemacetan diruas-ruas jalan tersebut. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisa lalu-lintas jalan tol Bunder - Krian dan melakukan analisa kelayakan secara ekonomi dengan menggunakan cara Jasa Marga sebagai dasar analisa biaya operasional kendaraan (BOK). Untuk menyelesaikan studi ini akan dilakukan survey jalan. Sedangkan data sekunder yang dilampirkan adalah data jumlah penduduk, PDRB, PDRB perkapita, kondisi lalu-lintas, dan data penunjang lainnya .Adapun analisa kelayakan jalan tol secara ekonomi akan ditentukan berdasarkan nilai rasio antara penghematan BOK yang didapat dengan biaya pembuatan jalan. Nilai BCR lebih dari satu yang akan terpilih. Sedangkan untuk analisa kelayakan jalan tol secara finansial akan ditentukan berdasarkan nilai rasio antara income investor yang didapat dengan biaya pembuatan jalan tol. Nilai BCR lebih dari satu yang akan terpilih. Dalam tugas akhir ini nilai DS pada kondisi existing pada 2007 = 2,255> 1,0 sehingga mengalami kejenuhan. Sedangkan nilai BCR> 1 dan NPV>O untuk analisis ekonomi. Sedangkan BCR<l dan NPV<O pada alternatif 1 sehingga tidak layak untuk analisis finansial. Sedangkan alternatif 2, nilai BCR> l dan NPV>O dengan nilai lRR<l2%(tingkat suku bunga relevan). Sehingga dikatakan layak secara ekonomi namun tidak layak secara analisis finansial pada alternatif2.
===================================================================================================================================
Gresik is the one of the biggest strorages city in East Java. For changing Gresik to be more potencial in economic sector, Bunder and Krian are connected via Lamongan access road Alternative Connection road Sunder and Krian passing through the edge of Gresik city. But many location in those altenatives road are in bad condition, caused by the heavy vehicles passing over. This condition is the one of the uncomfortable reduction in road riding. Because the bad road condition, traffic jams are occure in those road access. The objective of the Final Project is to analize the Bunder-Krian toll way and to do analizing economically, by using Jasa Marga method as a base of vehicle operational budget (BOK). For finishing this study, road survey wit be done, where the secondary data attached are population data, PDRB, PDRB per capita, traffic condition and other supporting data. The economic analyzing study will be determined based on the ratio value beetwen computed BOK reduction and the cost of the road. The value of BCR more than one are selected. And for analyzing study toll way finacially wil be determined base on ratio value of investor income and the cost of toll way cost. More than one value of BCR will be selected. On this final project, DS existing road in 2007 =2,255> 1,0 it will be jamming on that road. Economically analysis have BCR> 1 and NPV>O. Financally anaJysis for alternative 1 have BCR<l and NPV<O, it's mean it isn't fullfill financally. But unfinancally analysis for alternative 2, have BCR> 1 and NPV>O with IRR<l2% (interest relevan rate), it fuUfill economically but unfinancally
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Kur a 2008 |
Uncontrolled Keywords: | Jalan tol Bunder-Krian, kemacetan, layak secara ekonomi, layak secara finansial; Bunder-Krian toll road, congestion, economically viable, financially viable |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Totok Setiawan |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 01:25 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 01:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/105517 |
Actions (login required)
View Item |