Perancangan Prototipe Aplikasi Penilaian Kinerja Perusahaan Berbasis Indonesia Quality Award (IQA) di PT. Pembangkitan Jawa-Bali

Saputra, Haris Duvall Jarot (2010) Perancangan Prototipe Aplikasi Penilaian Kinerja Perusahaan Berbasis Indonesia Quality Award (IQA) di PT. Pembangkitan Jawa-Bali. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9106201411-Master_Thesis.pdf] Text
9106201411-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (22MB)

Abstract

Indonesia Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja excellence berbasiskan "Kriteria Baldrige". Kriteria ini yang dalam kegiatan IQA diberi istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Kriteria Baldrige diperkenalkan oleh National Institute of Standard and Technology (NIST) dan diundangkan oleh Public Law No.100-107 sebagai nama untuk awarding di Amerika dengan sebutan "Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA)".

Di Indonesia, BUMN Executive Club (BEC) dan Forum Excellence BUMN (FEB) mendirikan yayasan Indonesian Quality Award (IQA) yang mengelola kegiatan penerapan kriteria Baldrige sampai dengan Awarding. MBCfPE merupakan framework yang digunakan sebagai alat untuk mendiagnosa kinerja organisasi/perusahaan secara menyeluruh, dan feedback berdasarkan hasil diagnosa tersebut digunakan untuk menuntun perusahaan memperbaiki kinerjanya menuju excellence.
PT. PLN (Persero) selaku pemegang saham anak perusahaan yang salah satunya adalah PT. Pembangkitan Jawa-Bali yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik mengharapkan mampu meningkatkan kinerjanya baik dari aspek finansial maupun non finansial berbasis Malcolm Baldrige.

Sebelum proses assessment, setiap perusahaan diharuskan membentuk tim task force yang bertugas mengkoordinasi dan menyusun dokumen aplikasi (Application Documents), mengumpulkan bukti-bukti kinerja perusahaan dan mensosialisaikan materi ini ke semua karyawan hingga tahao assessment dilakukan. Pada kenyataannya, aktifitas penyusunan dokumen ini merupakan suatu aktifitas manajemen yang melelahkan; faktor kesibukan karyawan, kurangnya dukungan fasilitas teknologi informasi dan lainnya menyebabkan komunikasi manajemen menjadi terhambat.

Berangkat dari hal tersebut, maka dalam penyusunan penelitian ini dilakukan perancangan tools bantu berupa aplikasi Baldrige Online System (BOS) tools berdasarkan kriteria evaluasi model Business Excellence yaitu kriteria Baldrige. Selanjutnya dikembangkan sistem framework, persyaratan-persyaratan, desain, dan skornya. Dengan memanfaatkan produk Teknologi Informasi (TI) berupa aplikasi berbasis web, maka kinerja perusahaan sesuai arahan kriteria Baldrige. Tools ini mendukung proses transfer knowledge dan pembelajaran organisasi; dapat membantu mempermudah tim task force dalam penyusunan dokumen aplikasi agar leboh terarah, terkoordinasi, tepat waktu penyelesaian dan mempermudah proses dokumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.403 2 Sap p 2022
Uncontrolled Keywords: IQA, kriteria Baldrige, MBQNA, MBCfPE, Baldrige Online System
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A63 Application program interfaces
Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:30
Last Modified: 25 Jun 2024 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108029

Actions (login required)

View Item View Item