Perancangan Station Karakuri dan Pengoptimalan Sistem Robot AGV (Automated Guide Vehicle) Menggunakan Sensor Lidar PT. Stechoq Robotika Indonesia

Wahyurrohman, Muhammad Afif (2024) Perancangan Station Karakuri dan Pengoptimalan Sistem Robot AGV (Automated Guide Vehicle) Menggunakan Sensor Lidar PT. Stechoq Robotika Indonesia. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038211047_Project_Report.pdf] Text
2038211047_Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam konteks industri manufaktur, efisiensi aliran proses produksi menjadi krusial dalam mencapai kinerja yang optimal. Salah satu area yang sering kali menjadi sumber pemborosan adalah dalam mobilisasi barang atau material di sepanjang tahapan produksi. Ketika proses transportasi tidak dioptimalkan, risiko pemborosan seperti pemborosan dalam transportasi dan pergerakan manusia menjadi meningkat, menyebabkan penurunan efisiensi cyle time dan produktivitas secara keseluruhan. Dengan adanya teknologi Automatic Guide Vehicle (AGV) yang terintegrasi dengan mekanisme karakuri, sejumlah solusi dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini. AGV memberikan solusi untuk efisiensi terhadap proses produksi, dengan itu sistem otomatisasi untuk perpindahan barang, mengurangi pemborosan dalam transportasi dan pergerakan manusia yang tidak efisien. Sementara itu, mekanisme karakuri menambahkan elemen otomatisasi yang lebih lanjut dengan mengoptimalkan penempatan dan pergerakan peralatan di sepanjang jalur produksi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Robotics, Automated Guide Vehicle, Karakuri, Lidar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ211 Robotics.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Afif Wahyurrohman
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:49
Last Modified: 25 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108980

Actions (login required)

View Item View Item