Perancangan Framework Penerapan Service Operations Management pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Nurkhofifah, Ainun (2024) Perancangan Framework Penerapan Service Operations Management pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5031201060-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5031201060-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Service Operations Management merupakan sebuah fokusan dalam manajemen operasional perusahaan. Service Operations Management adalah kegiatan operasional yang mencakup segala kegiatan pada organisasi mulai dari perencanaan hingga pengendalian yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam mencapai kepuasaan pelanggan. Sebuah UKM penting untuk menerapkan SOM dalam operasionalnya agar kinerja perusahaan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menyusun framework yang berisi indikator keberhasilan penerapan SOM pada sebuah perusahaan yang nantinya diharapkan dapat diterapkan pada UKM. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review untuk mendapatkan informasi mengenai indikator penerapan SOM yang menjadi dasar pembentukan framework dan setelahnya akan dilakukan validasi framework dengan wawancara kepada para expert. Hasil penelitian ini akan berisi mengenai rekomendasi atau saran kepada UKM agar dapat menerapkan SOM dengan baik pada bisnisnya. Penelitian ini menganalisis 1.776 artikel yang diambil dari database Scopus, setelah itu dilakukan screening tahun, bahasa, dan subject area dan menjadi 111 artikel, dan terakhir tersisa 35 artikel yang digunakan untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa indikator yang mempengaruhi penerapan Service Operations Management pada UKM yaitu faktor inovasi, quality management, keuangan, dan faktor eksternal. UKM dapat menggunakan framework yang telah dibuat pada penelitian ini untuk menilai dan mengevaluasi mengenai penerapan Service Operations Management pada bisnisnya.
============================================================
Service Operations Management is a focal point within a company's operational management. It includes all activities within an organization, from planning to control, aimed at improving company performance to achieve customer satisfaction. It is crucial for an SME to implement SOM in its operations to ensure the company runs smoothly. Therefore, this research aims to identify and develop a framework containing indicators for the successful implementation of SOM in a company, which can later be applied to SMEs. This study uses a systematic literature review method to gather information on SOM implementation indicators, forming the basis for the framework. This framework will then be validated through interviews with experts. The results of this research will include recommendations or advice for SMEs to effectively implement SOM in their businesses. The study analyzes 1,776 articles sourced from the Scopus database. After screening for year, language, and subject area, 111 articles remained, and finally, 35 articles were selected for further analysis. Based on the analysis, several indicators were found to influence the implementation of Service Operations Management in SMEs, including innovation factors, quality management, finance, and external factors. SMEs can use the framework developed in this research to assess and evaluate the implementation of Service Operations Management in their businesses.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Indikator, UKM, Service Operations Management, Systematic Literature Review
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries--Quality control.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ainun Nurkhofifah
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:52
Last Modified: 01 Aug 2024 07:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109064

Actions (login required)

View Item View Item