Analisis Stabilitas Timbunan Tanah Menggunakan Perkuatan Geotextile Pada Project Land Preparation PT Chandra Asri Alkali

Pininggil, Agni Lintang (2024) Analisis Stabilitas Timbunan Tanah Menggunakan Perkuatan Geotextile Pada Project Land Preparation PT Chandra Asri Alkali. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5020201110-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5020201110-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB)

Abstract

Proyek land preparation PT CHANDRA ASRI ALKALIdi cilegon bagian barat, khususnya pada area antara zona 1 hingga zona 7 menunjukkan keberagaman kondisi tanah. Wilayah ini meliputi lahan datar, rawa dengan air, dan kubangan lumpur. Kondisi ini berpotensi menyebabkan penurunan tanah (settlement) dan risiko longsor. Oleh karena itu, diperlukan analisis stabilitas tanah untuk mengevaluasi keamanan timbunan di atas tanah rawa yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan pabrik baterai alkali.Metode yang akan digunakan pada perbaikan tanah ini adalah dengan teknik timbunan tanah yang akan dikombinasikan dengan perkuatan geotekstil yang akan analisis menggunakan software plaxis 2d untuk mendapatkan safety factor dan penarikan simpulan. Timbunan tanah yang aman adalah timbunan yang memenuhi syarat angka aman yaitu ≥ 1,25. Dengan menganalisis timbunan tanah yang tidak diperkuat oleh geotekstil menggunakan software plaxis 2d dengan ketinggian tanah timbunan 2,30 meter yaitu mengalami collaps. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor keamanan (SF) sebesar 0,7052 < 1,25 (tidak aman) dan pada lereng yang diperkuat oleh geotekstil menunjukan nilai SF sebesar 2,0090 > 1,25 (aman).
============================================================
Land preparation project of PT CHANDRA ASRI ALKALIin western Cilegon, particularly in the area spanning from Zone 1 to Zone 7, exhibits diverse soil conditions. This region encompasses flat land, marshes with water, and mud pits. These conditions pose potential risks such as soil settlement and landslides. Therefore, soil stability analysis is required to evaluate the safety of embankments on marshy land intended for the construction site of an alkali battery factory. The method to be used for soil improvement involves soil embankment combined with geotextile reinforcement, which will be analyzed using PLAXIS 2D software to obtain the safety factor and draw conclusions. A safe soil embankment is one that meets the safety criterion of ≥ 1.25. By analyzing the soil embankment without geotextile reinforcement using PLAXIS 2D software, with a height of 2.30 meters, it experienced collapse. The analysis results indicate that the safety factor (SF) is 0.7052, which is less than 1.25 (unsafe). Conversely, for the slope reinforced with geotextile, the SF is 2.0090, which is greater than 1.25 (safe).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Timbunan Tanah, Faktor keamanan ,Geotekstil,Soil Embankment, Safety Factor, Geotextile
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203.5 Coastal engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agni Lintang Pininggil
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:09
Last Modified: 05 Aug 2024 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110632

Actions (login required)

View Item View Item