Pengembangan User Interface dan User Experience Pada Rancangan Landing Page Agen Kreatif dan Pemasaran Digital: Studi Kasus Event Kami Id

Fitriani, Rizki (2024) Pengembangan User Interface dan User Experience Pada Rancangan Landing Page Agen Kreatif dan Pemasaran Digital: Studi Kasus Event Kami Id. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 6032221188-Master_Thesis.pdf] Text
6032221188-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi dan manusia dewasa ini memiliki hubungan yang sangat erat. Sebagian besar aktivitas manusia melibatkan teknologi, termasuk dalam media digital. Perubahan pada platform dan kebiasaan konsumen mendorong perkembangan yang kemudian diadaptasi menjadi strategi bisnis. Event Kami Id adalah agensi kreatif dan pemasaran digital yang baru mulai membantu pelaku bisnis lain dalam memasarkan usaha mereka di era digital. Untuk menarik minat konsumen, dibangun landing page untuk mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Namun, selama sembilan bulan terakhir, ditemukan bahwa landing page tidak memiliki call to action (CTA) yang memadai, kurangnya informasi produk dan harga yang detail, terlalu berbelit-belit, tidak to the point, dan beberapa menu tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa landing page belum dapat memenuhi fungsinya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan user interface baru pada landing page dengan meningkatkan user experience agar memberikan solusi yang efisien bagi pengguna dalam mengelola operasional pekerjaan mereka secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode design thinking yang sesuai untuk penelitian kualitatif ini, sehingga solusi terhadap masalah dapat lebih berorientasi pada kebutuhan pengguna. Tahap tes dalam penelitian ini terutama menggunakan system usability scale (SUS). Subjek penelitian melibatkan tiga persona pengguna sebagai perwakilan, yaitu spesialis SEO dan dua tipe konsumen. Hasil dari penelitian ini berupa desain prototype landing page yang diusulkan, yang berhasil mengatasi masalah pengguna terhadap desain interface landing page saat ini, sebagaimana dibuktikan oleh hasil tes dengan nilai SUS sebesar 84,5 yang lebih besar dibandingkan hasil nilai SUS landing page saat ini sebesar 56,25. Berdasarkan hasil tersebut, metode design thinking dianggap mampu membawa inovasi dalam pengembangan landing page yang lebih efektif dan efisien untuk mendukung pengembangan bisnis agensi kreatif dan pemasaran digital.
==============================================================================================================================
Technology and humans nowadays have a close and interrelated relationship. Most human activities cannot be separated from the participation of technology. This relationship is particularly evident in digital media, where platform changes and consumer habits drive developments that would be adapted into strategies. Event Kami Id is a digital marketing and creative agency that has recently started assisting other business people in marketing their businesses in the digital era. To attract consumer interest, a landing page was built to promote the products and services offered. Over the last nine months, it has been discovered that the landing page lacked sufficient call to action, had no detailed product and price information, was overly wordy and unfocused, and some menus did not function properly. This indicates that the landing page is not fulfilling its intended function. This research aims to develop a new user interface design for the landing page by improving user experience to provide an efficient solution for users to manage work operations more effectively. The study utilizes the design thinking method, which is suitable for this qualitative research, ensuring that problem solutions are oriented toward user needs. The test in this study primarily uses the System Usability Scale (SUS). The research subjects involved were three user personas as representatives, namely SEO specialists and two types of consumers. The results of this study include a prototype design of the proposed landing page, successfully addressing user concerns regarding the current landing page interface design, as proven by the test results yielding a SUS score of 84.5, significantly higher than the current score of 56.25. Based on these findings, the design thinking method represents an innovation in developing a more effective and efficient landing page for advancing digital marketing and creative agency businesses.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Landing Page, User Experience, User Interface
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.32 Consumers' preferences
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: RIZKI FITRIANI
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:50
Last Modified: 02 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/112785

Actions (login required)

View Item View Item