Upaya Peningkatan Pengelolaan Social Media Branding Pariwisata Kabupaten Kediri (Studi Kasus: Akun Instagram @wisatakabupatenkediri)

Nur'aini, Rahma (2022) Upaya Peningkatan Pengelolaan Social Media Branding Pariwisata Kabupaten Kediri (Studi Kasus: Akun Instagram @wisatakabupatenkediri). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111840000044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111840000044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah yeng menawarkan berbagai tempat wisata. Untuk terus mengembangkan pariwisata tersebut adalah dengan social media branding melalui media Instagram yang diberi nama @wisatakabupatenkediri yang dikeola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. Namun hingga saat ini masih belum ada suatu pengukuran persepsi wisatawan mengenai strategi social media branding Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap social media branding dan mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan, kemudian memberikan saran mengenai langkah perbaikan yang dapat diambil untuk social media Instagram Kabupaten Kediri kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang didukung dengan desain penelitian deskriptif untuk menganalisis dan menginterpretasikan data. Penelitian ini menggunakan wawancara dan penyebaran kuesioner secara online kepada 50 orang yang pernah berwisata ke Kabupaten Kediri dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menujukkan jika persepsi wisatawan mengenai social media branding berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Hal-hal yang memengaruhi diantaranya adalah aspek persepsi wisatawan dan aspek social media branding. Hasil dari penelitian ini berupa usulan langkah langkah perbaikan yang berupa perekrutan tenaga profesional yang menangani Instagram, penambahan konten highlight Instagram, menambahkan harga tiket masuk (HTM) pada caption Instagram, memperluas jangkauan Instagram, dan mengupayakan mengunggah konten 3x dalam satu hari. Saran-saran ini kemudian diajukan kepada pengelola akun Instagram @wisatakabupatenkediri atau Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri sebagai bahan evaluasi.
==================================================================================================================================
Kediri District is one of the areas that offers various tourist attractions. To continue to develop tourism, social media branding is carried out through Instagram media, which is named @wisatakabupatenkediri which is managed by the Tourism and Culture Office of Kediri District. However, until now there is still no measurement of tourist perceptions regarding the social media branding strategy of Kediri District. This research was conducted to determine tourist perceptions of social media branding and determine its influence on the decision to visit tourists, then provide suggestions on corrective steps that can be taken for Instagram social media in Kediri District in the future. This study uses a qualitative research method with a phenomenological approach supported by a descriptive research design to analyze and interpret the data. This study used interviews and online questionnaires to 50 people who had traveled to Kediri District using the purposive sampling method. This study shows that tourists' perceptions of social media branding affect the decision to visit tourists. Things that influence include aspects of tourist perceptions and aspects of social media branding. The results of this research are in the form of proposed corrective steps in the form of recruiting professionals who handle Instagram, adding Instagram highlight content, adding entry ticket prices (HTM) on Instagram captions, expanding Instagram reach, and trying to upload content 3x in one day. These suggestions are then submitted to the manager of the Instagram account @wisatakabupatenkediri or the Tourism and Culture Office of Kediri District as evaluation material.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSMB 302.23 Nur u-1 2022
Uncontrolled Keywords: Keputusan berkunjung wisatawan, pariwisata, persepsi wisatawan, social media branding, dan wisatawan, The decision to visit tourists, tourism, tourist perceptions, social media branding, and tourist
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:04
Last Modified: 23 Dec 2024 04:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/116030

Actions (login required)

View Item View Item