Wicaksono, Galih Argo (2022) Analisa Dan Peningkatan Kinerja Dinamis Skuter Bertenaga Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
02111640000148-Undergraduate_Thesis.pdf Download (4MB) |
Abstract
Micromobility merupakan sebuah inovasi dalam memenuhi kebutuhan transportasi dalam skala urban dan merupakan salah satu opsi transportasi yang berkelanjutan. Salah satu jenis dari moda transportasi ini adalah scooter listrik yang produksinya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan besar porsi, gaya, dan kuat arus yang dibutuhkan rem mekanis dan regenerative brake pada kendaraan tersebut. Metode eksperimen
dengan menggunakan scooter listrik tipe Xiaomi M365 dengan percobaan sebanyak 15 kali dengan rute Teknik Mesin ITS menuju Jalan Raya Keputih – Surabaya (rute A) dan perumahan pakuwon city sukililo (rute B) dengan jarak tempuh 2.5 KM. Skuter listrik yang digunakan merupakan tipe 500 Watt atau 0.5 KW yang memiliki harga yang paling terjangkau diantara semua tipe skuter listrik. Untuk mendapatkan kinerja scooter dilakukan pengambilan data berupa kecepatan maksimum, pengereman, akselerasi, dan kemiringan maksimum. Driving Cycle didapatkan dengan merekam lintasan menggunakan aplikasi 365 tools yang merekam kecepatan terhadap waktu. Energi yang digunakan dalam suatu driving cycle didapatkan dari penggunaan watt dan arus listrik yang didapatkan dari aplikasi 365 tools. Hasil dari Penelitian ini menemukan bahwa driving cycle dengan menggunakan pengereman regenerative memberikan efisiensi driving cycle sebesar 30% pada Rute A, dengan rata – rata penggunaan kapasitas baterai dari 428 mAh per kilomer menjadi 318 mAh per kilometer. Sedangkan, pada rute driving cycle rute B penggunaan penereman regenerative tidak memberikan efisiensi yang signifikan. Sedangkan pengujian peningkatan skuter pada sektor tenaga dengan peninkatan kemampuan kecepatan puncak yang emberikan peningkatan kecepatan sebesar 5 km/jam, peningkatan kemampuan menanjak menjadi 12 derajat, peningkatan akselerasi lebih cepat 1,2 detik, serta peningkatan pengereman sebesar 20% dari standard parik.
=================================================================================================================================
Micromobility is an innovation in meeting transportation needs on an urban scale and is a sustainable transportation option. One type of this mode of transportation is the electric scooter whose production has increased in recent years. The purpose of this study was to obtain the portion size, force, and current required for mechanical brakes and regenerative brakes on these vehicles. The experimental method uses an electric scooter of the Xiaomi M365 type with 15 experiments on the ITS Mechanical Engineering route to Jalan Raya Keputih – Surabaya (route A) and the Pakwon city Sukililo housing estate (route B) with a distance of 2.5 KM. The electric scooter used is a type of 500 Watt or 0.5 KW which has the most affordable price among all types of electric scooters. To get the performance of the scooter, data were collected in the form of maximum speed, braking, acceleration, and maximum incline. Driving Cycle is obtained by recording the trajectory using the 365 tools application that records speed against time. The energy used in a driving cycle is obtained from the use of watts and electric current obtained from the 365 tools application. The results
of this study found that the driving cycle using regenerative braking provides a driving cycle efficiency of 30% on Route A, with an average battery capacity usage from 428 mAh per kilometer to 318 mAh per kilometer. Meanwhile, on the driving cycle route B, the use of regenerative breaking system does not provide significant efficiency. While testing the scooter improvement in the power sector with an increase in top speed capability which provides an increase in speed of 5 km / h, an increase in the ability to climb to 12 degrees, an increase in acceleration of 1.2 seconds faster, and an increase in braking by 20% from the factory standard.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.229 3 Wic a-1 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Scooter Listrik, Driving Cycle, Kecepatan, Pengereman, Akselerasi, Electric Scooter, Driving Cycle, Speed, Braking, Acceleration |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL448 Electric motorcycles |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 04:33 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 04:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/118716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |