Pengaruh Jenis Konten Terhadap Purchase Intention Melalui Social Media Metrics (Studi Kasus Konten Kuliner Pada Instagram Infogresik)

Tabrani, Syahrial (2025) Pengaruh Jenis Konten Terhadap Purchase Intention Melalui Social Media Metrics (Studi Kasus Konten Kuliner Pada Instagram Infogresik). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5031211002-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5031211002-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya interaksi pada konten video kuliner di akun Instagram Infogresik, namun belum diketahui sejauh mana interaksi tersebut berdampak pada minat beli audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jenis konten (informatif, hiburan, promosi) terhadap purchase intention, melalui social media metrics (likes, comments, shares, views). Teori utama yang digunakan adalah Teori S-O-R (Stimulus–Organism–Response) yang menggambarkan alur pengaruh jenis konten sebagai stimulus, social media metrics sebagai organisme, dan purchase intention sebagai respons. Serta Media Richness Theory yang menilai video sebagai media yang kaya dalam menyampaikan pesan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi-eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui insight Instagram serta penyebaran kuesioner daring pada responden dengan kriteria masyarakat berusia minimal 17 tahun yang tinggal di Kabupaten Gresik, telah aktif mengikuti akun Infogresik selama 1 tahun dan pernah menyaksikan atau memberikan tanggapan terhadap konten kuliner di akun tersebut. Analisis data menggunakan dua metode MANOVA dan regresi logistik. Setelah mengolah data yang didapatkan dari 150 responden kuesioner, hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, terutama pada konten informatif dan promosi. Sebaliknya, social media metrics tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli audiens. Selain itu, hanya indikator share yang dipengaruhi secara signifikan oleh jenis konten, sedangkan like, comment, dan viewers tidak menunjukkan pengaruh yang nyata. Temuan ini menekankan pentingnya pemilihan jenis konten yang tepat untuk mendorong niat beli dan penyebaran konten oleh audiens.
=========================================================================================================
This research is motivated by the phenomenon of high user interaction with culinary video content on the Instagram account Infogresik. However, it remains unclear to what extent such interactions influence the audience’s purchase intention. This study aims to analyze the effect of content type (informative, entertaining, promotional) on purchase intention, with social media metrics (likes, comments, shares, views). The research is grounded in the Stimulus–Organism–Response (S-O-R) Theory, where content type serves as the stimulus, social media metrics as the organism, and purchase intention as the response and Media Richness Theory, which considers video as a rich medium for delivering messages. This study employs a quantitative quasi-experimental approach, using Instagram Insights and online questionnaires distributed to respondents with the criteria of being at least 17 years old, living in Gresik Regency, have actively followed the Infogresik account for 1 year and have watched or responded to culinary content on the account. Data were analyzed using two methods MANOVA and logistic regression. After processing data from 150 questionnaire respondents, the study found that content type positively and significantly influences purchase intention, particularly informative and promotional content. Conversely, social media metrics did not have a significant influence on audience purchase intention. Additionally, only the share indicator was significantly influenced by content type, while likes, comments, and viewers did not show a noticeable effect. These findings emphasize the importance of selecting the appropriate content type to drive purchase intention and content dissemination by the audience.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Infogresik, content type, social media metrics, Stimulus–Organism–Response Theory, Media Richness Theory, Infogresik, jenis konten, metrik media sosial, Teori S-O-R, Teori Kekayaan Media.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syahrial Tabrani
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:55
Last Modified: 23 Jul 2025 07:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/120884

Actions (login required)

View Item View Item