DESAIN PERENCANAAN PERKUATAN TANAH PADA OPRIT JEMBATAN STA 0+625 – 0+775 PROYEK JALAN TOL PROBOLINGGO-BANYUWANGI PAKET 2

Rizky, Miftahul Ramadhan (2025) DESAIN PERENCANAAN PERKUATAN TANAH PADA OPRIT JEMBATAN STA 0+625 – 0+775 PROYEK JALAN TOL PROBOLINGGO-BANYUWANGI PAKET 2. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035211017-Undergaduate_Thesis.pdf] Text
2035211017-Undergaduate_Thesis.pdf

Download (49MB)

Abstract

Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Paket 2,merupakan bagian dari jaringan tol Trans Jawa yang menghadapi tantangan kondisi tanah lunak. Khususnya oprit jembatan di STA 0+610 memiliki nilai N-SPT sebesar 3–4, pada kedalaman 0-10 m. Tanah lunak dengan daya dukung rendah dan sifat mekanik tidak stabil berpotensi menyebabkan penurunan dan kelongsoran yang memengaruhi stabilitas struktur di atasnya. Timbunan setinggi 7 meter direncanakan untuk dibangun di area tersebut, sehingga memerlukan analisis geoteknik mendalam untuk memastikan stabilitas dan keamanan struktur timbunan sebelum diterapkan.
Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak PLAXIS 2D untuk menganalisis stabilitas lereng dan timbunan, baik dalam kondisi eksisting maupun setelah dilakukan perkuatan. Untuk mempercepat konsolidasi dan meningkatkan kekuatan tanah dasar, Prefabricated Vertical Drain (PVD) direncanakan dengan pola pemasangan 1,4 m. Hasil analisis menunjukkan bahwa waktu konsolidasi yang semula mencapai 204,54 tahun dapat dipersingkat menjadi 25 minggu. Namun, nilai faktor keamanan (SF) setelah pemasangan PVD pada beberapa segmen masih berada di bawah batas aman (SF < 1,5),sehingga direncanakan dua alternatif perkuatan tambahan yaitu geotextile dan cantilever wall dengan counterweight.
Hasil analisis stabilitas lereng menggunakan program PLAXIS 2D menunjukkan bahwa perkuatan menggunakan geotextile bertingkat maupun kombinasi kantilever wall dan counterweight mampu meningkatkan faktor keamanan (SF) menjadi ≥ 1,5 pada seluruh segmen sesuai SNI 8460:2017. Dari segi biaya alternatif perkuatan dengan PVD dan geotextile lebih ekonomis dibandingkan alternatif dengan kantilever wall dengan selisih sebesar Rp17,31 miliar. Oleh karena itu, metode PVD dan geotextile direkomendasikan sebagai solusi perkuatan tanah lunak yang efektif dan efisien.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam perencanaan proyek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA760+ Retaining walls
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: MIFTAHUL RAMADHAN RIZKY
Date Deposited: 04 Aug 2025 09:02
Last Modified: 04 Aug 2025 09:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/126393

Actions (login required)

View Item View Item