Analisis Keterlambatan Pengerjaan Pengerukan Proyek Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul

Ardhiyagi, Mohamad Dhifa (2022) Analisis Keterlambatan Pengerjaan Pengerukan Proyek Pembangunan Pelabuhan Bias Munjul. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311840000099-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311840000099-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi laut sangat penting di negara kepulauan seperti Indonesia oleh karena itu banyak dibangun pelabuhan untuk memudahkan perpindahan dari satu pulau ke pulau lainnya, salah satunya pada pulau Nusa Ceningan, Bali. Saat ini sedang ada pembangunan pelabuhan pada pulau Nusa Ceningan, Bali tepatnya di daerah Bias Munjul, tentunya setiap proyek memiliki kendalanya masing-masing, pada proyek pelabuhan Bias Munjul terjadi kendala pada pengerjaan pengerukannya, pengerjaan pengerukan ini dilakukan untuk membuat alur pelayaran agar kapal-kapal besar bisa masuk ke pelabuhan, namun saat pengerjaannya terjadi berbagai macam kendala seperti kapal keruk mengalami kerusakan, lamanya di proses perizinan, material keruk yang keras dan masih banyak lagi, hal ini menyebabkan keterlambatan pada pengerjaan pengerukannya dan berdampak pada target selesainya pengerjaan pengerukan, dampak yang terjadi adalah keterlambatan melebihi 4 minggu, oleh karena itu pihak sub kontraktor pengerukan harus membayar kerugian yang perharinya adalah 0,1% dari anggaran total untuk pengerukan sebesar Rp. 23.992.796.368,46 jadi denda yang harus dibayarkan adalah berkisar antara Rp. 23.992.796,36 sampai Rp. 647.805.501,72. Namun semua hal diatas tentu saja harus dicegah dan dicari solusinya untuk proyek kedepannya agar tidak terjadi kesalahan kesalahan yang menyebabkan keterlambatan pada pengerjaan pengerukan, seperti contohnya adalah, saat kapal rusak tentunya perlu suku cadang dan adanya teknisi khusus, hal tersebut dapat di tanggulangi dengan menyiapkan data suku cadang yang diperlukan sebelum terjadinya kerusakan dan menyiapkan 1 atau 2 orang yang standby untuk memperbaiki kapal tersebut.
==================================================================================================================================
Sea transportation is very important in an archipelagic country like Indonesia, therefore many ports are built to facilitate the movement from one island to another, one of which is on the island of Nusa Ceningan, Bali. Currently, there is a port construction on the island of Nusa Ceningan, Bali to be precise in the Bias Munjul area, of course, each project has its own obstacles, in the Bias Munjul port project there are obstacles to the dredging work, this dredging work is carried out to create a shipping channel so that large ships can enter the port, but when the work occurs various kinds of obstacles such as dredges are damaged, the duration of the licensing process, hard dredge material and much more, this causes delays in the dredging work and has an impact on the target of completion of the dredging work, the impact that occurs is a delay exceeding 4 weeks, therefore the dredging sub-contractor must pay a loss which per day is 0.1% of the total budget for dredging of Rp. 23.992.796.368,46 so the fine to be paid is around Rp. 23,992.796,36 to Rp. 647.805.501,72. However, all of the above, of course, must be prevented and solutions are sought for future projects so that there are no errors that cause delays in dredging work, for example, when the ship is damaged, of course, it needs spare parts and the presence of special technicians, this can be overcome by preparing the necessary spare parts data before the damage occurs and preparing 1 or 2 people who are on standby to repair the ship.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 627.2 Ard a-1 2022 3100022094135
Uncontrolled Keywords: Manajemen proyek, Keterlambatan, Pengerukan, Project management, Delay in construction, Dredging
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE551 Cargo handling. Harbors--Management.
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 08 Oct 2025 10:16
Last Modified: 08 Oct 2025 10:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/128522

Actions (login required)

View Item View Item