Pengaturan Temperatur dan Pewaktu Oven Listrik Menggunakan HP Android

Sulistyowarni, Andaru Putri (2017) Pengaturan Temperatur dan Pewaktu Oven Listrik Menggunakan HP Android. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030045-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
2214030045-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada perkembangan zaman saat ini orang sangat hati-hati dalam memilih dan membeli makanan. Masyarakat pada umumnya lebih memilih untuk mendapatkan makanan yang siap saji karena lebih cepat dan harganya terjangkau serta banyak tersedia dimana saja. Saat ini Oven listrik banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga baik digunakan untuk memanaskan dan memasak makanan. Namun disaat bekerja atau bepergian ketika tiba dirumah menginginkan makanan yang hangat atau memasak makanan cepat saji, tetapi oven listrik tidak dapat dikendalikan secara otomatis
Oleh karena itu, diperlukan oven listrik yang mampu dikendalikan dengan otomatis. Oven listrik akan diintegrasikan menggunakan modul GSM SIM 900L dan Minimum Sistem ATmega 328 sebagai indikator temperatur dari oven adalah termokopel. Dengan mengirimkan pesan sms pada nomer yang ada pada modul GSM SIM 900L maka oven akan aktif dan mengatur waktu dan temperatur pada oven. Jika oven sudah menyala maka modul GSM SIM 900L akan membalas sms menandakan bahwa oven listrik yang digunakan sudah menyala. Hasil dari pengujian kecepatan pengiriman modul GSM SIM 900L yang berada didalam box membutuhkan waktu 2 menit lebih lama dari yang luar box.
=================================================================
In this era people are very cautious in selecting and buying foods. People in general prefer to get fast foods because of the fast serving and the price is affordable and also easy to find. Nowadays electric oven used in many household necessities to heat up or cook the foods. But when we arrive at home after work or travelling and we want to eat some warm food or cook fast food, we can’t control the oven automatically when we are at work or still outside.
Therefore, an electric oven which can be controlled automatically is needed. The electric oven will be integrated using GSM SIM 900L module and ATmega 328 minimum system and termokopelused as temperatur indicator. By sending sms to a number in GSM SIM 900L module the oven will be active and set the time and temperatur in the oven If the oven is turned on then the GSM SIM 900L module will reply to the sms indicating that the electric oven used is on. The result of GSM module transmission speed of SIM 900L which is inside the box takes 2 minutes longer than the outer box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Module GSM SIM 900L, microcontroller, electric oven.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Andaru Putri S
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:36
Last Modified: 06 Mar 2019 04:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46717

Actions (login required)

View Item View Item