Penerapan Algoritma Alpha Beta Pruning Sebagai Kecerdasan Buatan Pada Game Pawn Battle

Aziz T.S, Irooyan Alfi (2016) Penerapan Algoritma Alpha Beta Pruning Sebagai Kecerdasan Buatan Pada Game Pawn Battle. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100089-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100089-Undergraduate Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini game memiliki perkembangan yang sangat pesat
terutama game-game yang berjalan dalam platform desktop.
Banyak dari game-game tersebut hanya memprioritaskan unsur
adiktif dan kurang memperhatikan unsur edukatif di dalam game.
Namun, seperti yang kita tahu, permainan catur adalah
permainan kuno yang membantu kita mengasah kemampuan
kognitif dan strategi berpikir. Dengan menggabungkan unsur
adiktif dalam game modern dan membangun strategi berpikir
dalam catur, dalam Tugas Akhir ini dibangun permainan yang
membantu pemain mengasah strategi berpikir dengan
menyenangkan.
Tugas Akhir ini menerapkan role-play pawn battle yang
tidak jauh berbeda dengan catur. Pawn battle adalah permainan
dimana pemain hanya memainkan pion dengan peraturanperaturan
resmi permainan catur. Aplikasi ini menerapkan
algoritma alpha beta pruning sebagai kecerdasan buatan dengan
level yang bisa diatur sehingga memudahkan pemain memilih
lawan bermain. Sehingga diharapkan pemain yang masih dalam
tahap pemula maupun sudah mahir bisa bermain di levelnya
masing-masing dengan nyaman.
===============================================================================================
Today, games have developed very rapidly, especially
games that tun on desktop platform. Many of them just concerned
on addictive elements and less-concerned in educative elements of
the game..
But, as we know, chess board game is ‘old but gold’
games that help us sharpen our strategic thinking and cognitive
ability. By combining addictive elements in modern game and
strategic developing elements in chess game, in this final project
is built an enjoyful game that helps user developing their strategic
thinking.
This final project is using pawn battle role-play that not
so different with old chess board game. Pawn battle is game
where the user just using their pawn with officially chess rules for
winning the game. This application using alpha beta priuning
algorithm as artificial intelligence with easy-to-set level
changing. So, the user could easily choose their level AI
opponents. Therefore, user should play this game delightfully.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.3 Iro p
Uncontrolled Keywords: Alpha Beta Pruning, Kecerdasan Buatan, Catur, Pawn Battle.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:59
Last Modified: 26 Dec 2018 06:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48916

Actions (login required)

View Item View Item