Klasifikasi Jenis Gangguan pada Base Transceiver Station (BTS) menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor, Naïve Bayes, dan Genetic Algorithm

Dwitiayasa, Wida (2018) Klasifikasi Jenis Gangguan pada Base Transceiver Station (BTS) menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor, Naïve Bayes, dan Genetic Algorithm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5114100155-Wida-Dwitiayasa-Buku_TA.pdf]
Preview
Text
5114100155-Wida-Dwitiayasa-Buku_TA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permintaan dan penggunaan layanan data, payload maupun SMS yang semakin meningkat mengakibatkan sering terjadi kerusakan pada sistem Base Transceiver Station (BTS). Namun demikian deteksi kerusakan tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga dinilai kurang optimal dalam segi waktu, subyektifitas, dan tingkat keakuratan.
Untuk mengatasi masalah tersebut, tugas akhir ini mencoba melakukan implementasi pengklasifikasian jenis kerusakan pada BTS secara otomatis menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor, Naive Bayes, dan Genetic Algorithm. Dataset yang digunakan dalam proses uji coba adalah data BTS dari salah satu operator seluler di Indonesia. Visualisasi dari penerapan algoritma diatas menggunakan perangkat lunak Bot Telegram.
Hasil uji coba menunjukkan tingkat akurasi terbaik sebesar 95.45% sehingga algoritma ini dapat digunakan dalam pengklasifikasian jenis kerusakan pada BTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Genetic Algorithm, Naïve Bayes, K-Nearest Neighbor, Base Transceiver Station (BTS), Klasifikasi, Bot Telegram.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wida Dwitiayasa
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:56
Last Modified: 12 Apr 2018 03:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50617

Actions (login required)

View Item View Item