Analisa Tekno Ekonomi Aplikasi Flettner Rotor Pada Kapal Kontainer DWT 4000

Prawira, Arrijal Yudha (2018) Analisa Tekno Ekonomi Aplikasi Flettner Rotor Pada Kapal Kontainer DWT 4000. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100053-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4211100053-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (630kB) | Preview

Abstract

Flettner rotor merupakan salah satu teknologi lama yang kembali dikembangkan dan digunakan pada abad 21 ini. Teknologi ini sangatlah sederhana, berbentuk silinder panjang, terpasang diatas dek kapal, dan berputar menggunakan motor listrik. Alat ini memanfaatkan tenaga angin dan mengaplikasian efek magnus untuk menghasilkan gaya dorong. Flettner rotor sangat berpengaruh pada kondisi angin di laut. Oleh karena itu, sebelum melakukan tahap perancangan, dilakukan survey terhadap kondisi angin pada jalur pelayaran yang akan dilalui. Jika memungkinkan untuk digunakan flettner rotor, tahap perancangan dapat dilakukan.
Teknologi ini selain menguntungkan dari sisi ekonomi, juga menguntungkan dari aspek lingkungan. Flettner rotor dapat mengurangi jumlah emisi yang dikeluarkan oleh kapal. Alat ini membantu memperoleh energy yang dibutuhkan oleh kapal yang kemudian nanti bahan bakar yang dikeluarkan oleh kapal juga tereduksi.
Dengan berkurangnya penggunaan bahan bakar saat berlayar ini, emisi yang timbul akibat bahan bakar ini juga berkurang, sehingga, teknologi ini bisa dikatakan merupakan teknologi ramah lingkungan yang bisa dijadikan suatu terobosan inovasi lebih canggih lagi kedepannya.
============================================================
Rotor flettner is a kind of technology which developed and used in 21st century. This technology is very simple, cylindrical in shape, applied in the upper deck, and rotated by the electrical motor. This technology uses wind energy and applicating magnus effect to create propulsion force. Rotor flettner depends on the condition of the sea wind. The designer has to check the weather condition in its route before make a design of rotor flettner.
This kind of technology is not only useful for the economic side, but also, for the environment. Rotor flettner can reduce the emission of a ship. It helps to gain some power to increase in fuel saving.
The emission can be decreased by the increasing of fuel saving. So, this technology is a kind of environmentally friendly technology that can be used for the future innovation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CFD, Emisi, Flettner rotor, Tekno Ekonomi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arrijal Yudha Prawira
Date Deposited: 05 Jul 2021 10:28
Last Modified: 05 Jul 2021 10:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56225

Actions (login required)

View Item View Item