Desain Modifikasi Struktur Jembatan Ngujang Ii Menggunakan Cable Stayed Asymmetric Dan Box Girder Pratekan

Anshar, Adi Prihantono (2018) Desain Modifikasi Struktur Jembatan Ngujang Ii Menggunakan Cable Stayed Asymmetric Dan Box Girder Pratekan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111645000035_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111645000035_Undergraduate_Theses.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Salah satu bagian dari sarana tranportasi adalah jembatan yang mempunyai manfaat sebagai penghubung antara satu tempat ke tempat lainnya yang melintasi sungai, laut maupun lembah. Jembatan Ngujang II adalah salah satu bagian dari proyek jalan lingkar Timur yang melintasi sungai Brantas. Dimana jembatan yang masih dalam tahap pengerjaan ini di desain menggunakan konstruksi Busur Rangka Baja. Panjang total jembatan sepanjang 251.55 m dibagi menjadi 5 bagian dengan kombinasi 2 bagian dengan panjang 35.3m, 2 bagian 40.475 dan 100 m dengan 4 pilar penopang serta memiliki lebar jembatan 21.5 m. adanya banyak pilar pada jembatan Ngujang II ini mengakibatkan sulitny metode pelaksanaan saat pembuatan pilar dan pemancangan karena melintasi sungai serta lembah. Jembatan girder ini terkesan kokoh dan kaku serta kurang memiliki nilai estetika karena dalam perencanaan jembatan tidak hanya meninjau dari segi kokoh dan kaku saja tapi juga meninjau segi estetika. Maka sebaiknya perlu adanya modifikasi pada konstruksi jembatan. Maka dalam penulisan tugas akhir ini jembatan Ngujang II akan direncanakan ulang sebagai jembatan cable stayed asimetris dengan menggunakan box girder pratekan dengan bentang 250 m dan lebar 21.5 m. susunan kabel arah melintang berupa single plane system, sedangkan arah memanjang berupa semi harp pattern. Desain lantai kendaraan berupa pelat beton bertulang dengan gelagar berupa box girder beton pratekan . pylon (tiang) pada jembatan didesain menggunakan material beton bertulang. Pada pengerjaan tugas akhir ini dibantu dengan software MIDAS CIVIL 2006, SAP 2000 dan AUTOCAD. Tahapan dalam perencanaan ini dimulai dari pengumpulan data dan studi literature, preliminary desain,desain struktur sekunder, desain struktur primer, permodelan dan analisa struktur, kontrol stabilitas aerodinamis dan menyusun gambar kerja. Permodelan struktur menggunakan fishbone model dengan pembebanan berdasarkan SNI 1725 2016 dan SNI 2833 201X. Staging analysis menggunakan metode backward solution. Hasil yang diperoleh dari perencanaan ini berupa penulangan dan tendon prategang pada gelagar, dimensi kabel, penulangan angker, serta penulangan pylon dalam bentuk laporan dan gambar teknik.
==============================================================================================================================
One of the transportation facilities is bridge which has a beneficial aspect as conector between one to another that through a river, sea and also valley. Ngunjang II bridge is the one of east ringroad project which pass Brantas’ river. The bridge which on going process is designed by arc steel frame construction. The bridge length are 251.55 m and devided by 5 section that the length combination are 2 section on 35.3 m, 2 section on 40.475 and 100 m include 4 pier cantilever that have width bridge 21.5 m. Consequence of having many pier in this bridge, involve the dificulties on making pier and stake implementation method because pass the river and valley. The girder bridge strong and stiff impressed neverthless estetic because on bridge planing not only look in the stiff and strength but also the estetic. So that, modification of this construction is needed.
In this final project, Ngunjang II bridge would be planed to cable stayed asymetric bridge complete with the box girder prestress length 250 m and width 21.5 m. The cross cable construction as single plane system, meanwhile on the long cable constructionas semi harp pattern. The slab design is formed reinforced concrete girder as box girder prestress concrete. Phylon on the bridge is designed by reinforced concrete material.
To complete the final project is helped by MIDAS CIVIL 2006 software, SAP 2000, and Autocad. The steps of this planing are started from collect data and study literature, preliminary design, secondary structure design, primary structure design, modelling and structure analisyst, aerodinamic stability control and set the as build drawing. Modelling Structure use the fishbone model with the assessment based on SNI 1725 2016 and the SNI 2833 201X. on the staging analysist use the backward solution method. Thd result of the planing is reinforced and prestress tendons on girder, cable dimension, anchor reinforcement, pylon reinforcement to report and technical drawing

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: jembatan asymmetric cable stayed, semi harp pattern, single plane system, box girder pratekan
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anshar Adi Prihantono
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:09
Last Modified: 15 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56879

Actions (login required)

View Item View Item