Desain Food Truck Zangrandi Sebagai Sarana Pendukung Media Promosi Untuk Kawasan Food Truck Area di Surabaya

., Burhanuddin (2018) Desain Food Truck Zangrandi Sebagai Sarana Pendukung Media Promosi Untuk Kawasan Food Truck Area di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3409100079-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3409100079-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kompetitor brand luar dalam kategori makanan dan minuman, sub-kategori toko es krim, berdasarkan sumber dari daftar Top Brand Index 2016 fase 2 dengan urutan Baskin Robbins 23,1%, Zangrandi 7,8%, Fountain 7,4%, ragusa 3,2%, Haagen-Dasz 3,0%. Gencarnya pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor mengakibatkan penurunan TBI ( Top Brand Index) sebesar 2-7% tiap tahunnya dari awal tahun 2012 yang mengakibatkan turunnya minat terhadap brand lokal terutama Zangrandi yang berpusat di Jl. Yos Sudarso, Surabaya. Disertai dengan makin maraknya media promosi dengan sistem mobile, sebagai selling channel yang mulai banyak diminati saat ini yaitu food truck, yang memiliki area khusus tersebar dibeberapa pusat keramaian di Kota Surabaya. Zangrandi memerlukan sebuah rancangan food truck sebagai strategi media promosi dan pemasaran dalam merebut peluang pasar toko es krim di area Surabaya dan beberapa cabangnya yang tersebar di kota-kota besar. Tujuan perancangan ini untuk mendesain food truck Zangrandi sebagai media promosi dan optimalisasi distribusi produknya serta memecahkan permasalahan-permasalahan nyata yang ditemukan dalam perancangan visual promosi sebuah usaha food truck. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan melakukan deep interview dengan pengelola serta pendekatan ergonomi dan antropometri. Penulis juga ikut terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui suasana yang sebenarnya. Hasil dari perancangan ini berupa desain food truck Zangrandi dengan konsep yang mempertahankan kesan klasik tempo dulu dan konfigurasi kabin pada interior platform untuk menunjang aktifitas operator serta sebagai media promosi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dari Zangrandi.
==================================================================
This design is motivated by the large number of external brand competitors in the food and beverage category, the ice cream shop sub-category, based on sources from the 2016 Phase 2 Top Brand Index list with Baskin Robbins 23.1%, 7.8% Zangrandi, Fountain 7.4 %, reagent 3.2%, Haagen-Dasz 3.0%. Incessant marketing by competitors has resulted in a decline of TBI (Top Brand Index) of 2-7% annually from the beginning of 2012 which resulted in a decline in interest in local brands, especially Zangrandi based on Jl. Yos Sudarso, Surabaya. Accompanied by increasingly widespread media promotion with a mobile system, as a selling channel that is starting to be in great demand today is the food truck, which has a special area spread in several crowded centers in the city of Surabaya. Zangrandi requires a food truck design as a media promotion and marketing strategy in seizing the ice cream shop market opportunities in the Surabaya area and some of its branches scattered in big cities. The purpose of this design is to design a Zangrandi food truck as a media campaign and optimize the distribution of its products and solve the real problems found in the visual design of a food truck promotion business. The method used in the research is to do a deep interview with the manager and the ergonomics and anthropometry approach. The author also went directly into the field to find out the real atmosphere. The result of this design is a Zangrandi food truck design with a concept that maintains the old-fashioned classic impression and cabin configuration in the interior of the platform to support operator activities as well as a promotional media that is in line with the demands of the times and is expected to increase product sales from Zangrandi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 647.95 Bur d
Uncontrolled Keywords: Food Truck, Media Promotion, Zangrandi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Burhanuddin .
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:43
Last Modified: 01 Oct 2020 07:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59594

Actions (login required)

View Item View Item