Analisis Kavitasi Pada Draft Tube Terhadap Variasi Beban Turbin Francis (Studi Kasus PLTA CIRATA)

Sibuea, Risma Taruli (2018) Analisis Kavitasi Pada Draft Tube Terhadap Variasi Beban Turbin Francis (Studi Kasus PLTA CIRATA). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2116207714-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
2116207714-Master-Theses.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengesahan dengan watermark.pdf] Text
Lembar pengesahan dengan watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) merupakan pembangkit listrik EBT (Energi Baru Terbarukan) yang memanfaatkan air sebagai sumber energi primer. PLTA mempunyai peran yang sangat penting dalam menyeimbangkan stabilitas sistem jaringan. Dengan peran tersebut maka PLTA sering dioperasikan pada range beban yang lebar (sering start-stop dan beban yang bervariasi). Fungsi lainnya juga adalah sebagai penyangga beban puncak dan back-up jika terjadi gangguan di sistem jaringan. Sesuai dengan kondisi dan potensi sumber daya air di Indonesia, turbin Francis adalah turbin yang paling banyak digunakan dan memiliki efisiensi maksimum 93-95%. Pada operasi PLTA, variasi beban sering menimbulkan permasalahan ketidakstabilan operasional dan kavitasi. Sedangkan akibat kavitasi maka timbul vortex breakdown, pressure shocks, vibration dan noise yang kadang
kala menyebabkan kegagalan sistem turbin. Sehubungan dengan kondisi diatas maka pada thesis ini akan dipelajari bagaimana terjadinya kavitasi akibat variasi pembebanan.
Studi kasus yang dilakukan pada penelitian ini adalah di PLTA Cirata dengan kapasitas 126 MW per unit, dengan jenis Turbin Francis poros vertikal (variasi beban mulai 40 % dan 100 %). Metode penelitian yang dilakukan secara numerik, dengan permodelan dan simulasi aliran dengan menggunakan software ANSYS CFX 18.2.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi operasi beban 40 % terlihat daerah tekanan rendah (dibawah tekanan uap) yang cukup luas dan munculnya vortex rope yang menyebabkan kavitasi pada daerah draft tube khususnya pada outer diameter elbow. Sedangkan pada kondisi operasi beban 100 % hanya terlihat sedikit daerah tekanan rendah dan tidak muncul vortex rope.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM 621.406 Sib a-1
Uncontrolled Keywords: draft tube, cavitation, Francis turbine, vortex rope.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ222 Supervisory control systems.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Risma Taruli Sibuea
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:13
Last Modified: 21 Mar 2024 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59646

Actions (login required)

View Item View Item