Pengaruh Bahan Bakar Biodiesel Sawit pada Performa Mesin Diesel Cat C15 Acert

Kuncoro, Teguh Dwi (2019) Pengaruh Bahan Bakar Biodiesel Sawit pada Performa Mesin Diesel Cat C15 Acert. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311650022002-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02311650022002-Master_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Biodiesel merupakan bahan bakar yang terbarukan dan ramah lingkungan. Biodiesel bisa berasal dari biji tanaman maupun lemak hewan, salah satunya berasal dari minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) yang diolah menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME). Penggunaan CPO ini tidak lepas dari ketersediaan yang melimpah di Indonesia dan potensi untuk peningkatan produksi masih bisa dilakukan. Penelitian ini fokus pada pengaruh penggunaan biodiesel jenis tersebut di mesin Cat C15 Acert yang memiliki 356 – 363 Hp pada kecepatan 1800 – 2100 rpm, yang digunakan di dunia tambang sebagai penggerak berbagai kendaraan alat berat. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan B0 (kandungan FAME 0%), B15 (kandungan FAME 15%), B20 (kandungan FAME 20%) dan B30 (kandungan FAME 30%). Hasil uji di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada bagian Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Desain menunjukan bahwa kandungan campuran biodiesel sesuai standar ASTM D6751. Pengukuran pengaruh biodiesel pada performa mesin ditunjukan melalui kinerja torsi, power, Brake Thermal Efficiency (BTE) dan Brake Specific Fuel Consumption (BSFC). Pengukuran torsi dan power tidak ada perubahan yang berarti, sementara BSFC mengalami peningkatan dan BTE mengalami penurunan seiring dengan peningkatan kandungan biodiesel, untuk pengukuran emisi gas buang pada mesin menunjukan CO mengalami penurunan yang signifikan yaitu 27,55% , sementara CO2 dan NOx mengalami peningkatan. Bahan bakar yang direkomendasikan untuk dipakai adalah campuran bahan bakar yang mengandung biodiesel 30% (B30) ditinjau dari sisi rasio emisi CO dan konsumsi bahan bakar.
================================================================================================
Biodiesel is a renewable and environmental friendly fuel. Biodiesel is made from plant seeds or animal fat, one of them is palm oil or Crude Palm Oil (CPO) which is processed into Fatty Acid Methyl Ester (FAME). The use of CPO is inseparable from the abundant prices in Indonesia and the potential for increased production can still be done. This study focuses on the use of biodiesel in the Cat C15 Acert engine which has 356 - 363 hp at speeds of 1800 - 2100 rpm. Which in the world as a driver of various heavy equipment. Testing will be done using B0 (0% FAME content), B15 (15% FAME content), B20 (20% FAME content) and B30 (30% FAME content). The test results show that the biodiesel mixture is in accordance with existing fuel standards. Measurements based on biodiesel on the engine are shown through torque and Power that ere no significant different while Brake Thermal Efficiency (BTE) was shown decrease and Specific Fuel Consumption (BSFC) was shown increase. Whereas the exhaust emissions on the engine are CO was decrease 27.55% but CO2 and NOx increase along increasing of biodoesel content. The recommended fuel to use is a mixture containing 30% biodiesel (B30) in terms of ratio emission CO and fuel consumption.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTF 621.436 8 Kun p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Fatty Acid Methyl Ester, Cat C15 Acert, biodiesel, performa mesin, emisi gas buang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
T Technology > TP Chemical technology > TP359.B46 Biodiesel fuels.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Teguh Dwi Kuncoro
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:22
Last Modified: 14 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62349

Actions (login required)

View Item View Item