Kurniawan, Andrie (2019) Studi Kelayakan Penggantian Kendaraan Operasional PTVI Berbasis Energi Fosil Menjadi Kendaraan Listrik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02311650022027-Master_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan operasional pertambangan di PT Vale Indonesia banyak di topang oleh kendaraan berat (alat alat tambang seperti loader, ekscavator, dozer, dump truck dll), bus karyawan, prime mover untuk transportasi container, truck dan juga kendaraan ringan. Bus karyawan beroperasi 24 jam sejalan dengan kodisi operasional PT Vale Indonesia. Emisi yang bisa di hilangkan dari bus akan meningkatkan kualitas udara di sekitar tempat tinggal masyarakat. PT Vale Indonesia juga masih mempunyai kelebihan daya listrik dari 3 pembangkit tenaga air. Untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang di hasilkan perlu di lakukan konversi energi yang mengganti bus konvensional dengan bus bertenaga listrik.
Tujuan penelitian ini untuk menganalis dampak dari konversi bus konvensional dengan bus listrik dalam kaitan nya terhadap emisi gas rumah kaca. Data emisi di dapatkan melalui perkalian jumlah pemakaian bahan bakar minyak dengan factor emisi. Selanjutnya menganalisis penambahan panel surya yang di tempatkan di atas atap bus dan di tempatkan di pool bus dalam kaitannya dengan tambahan energi bersih yang bisa di manfaatkan dalam operasional bus karyawan. Data potensi radiasi sinar matahari di peroleh dari pengukuran di lapangan dan membandingkan data dari satelit cuaca. Perangkat lunak PVSyst dipakai untuk menganalisa daya yang bisa dibangkitkan dari panel surya.
Emisi yang bisa dihilangkan sebesar 1.2 juta Kg gas CO2 dan 2900 Kg gas CO. Untuk penambahan panel surya di atas atap bus dan di pool bus tidak bisa mencukupi kebutuhan energi operasional bus sehari hari, demikian juga panel surya yang ditempatkan di pool bus tidak bisa mencukupi energi untuk pengisian battery dari operasional bus listrik. Analisa kelayakan ekonomis menyatakan bahwa konversi bus konvensional menjadi bus listrik layak di lakukan dengan jangka waktu balik modal sekitar 15 tahun. Sedangan analisa ekonomis untuk penambahan panel surya baik di atas atap maupun di pool bus tidak layak di lakukan.
================================================================================================
Mining operational at PT Vale Indonesia used a lot of heavy equipment such as loader, excavator, dozer, dump truck, prime mover for transporting nickel product and cointainer from plant site to sea port vv, employee bus, light truck and light vehicle. Bus operate 24 hours in line with operational hours of PT Vale Indonesia. Emission form bus activities that can be eliminated will increase air quality in urban area. PT Vale Indonesia also have excess energi from 3 hydro power plant. To reduced green gas emission replacement of convensional bus to electric bus needed.
The purpose of this study is to analys effect from conventional bus conversion to electric bus in terms of green gas emission. Value of green gas emission is multiplication from fuel usage with emission factor. This paper also study additional of solar panel at the bus roof top and in the bus pool to gain extra clean energi for bus operational demand. Solar irradiaton value obtained from actual field measurement and compare to satellite data. PVSyst software used to analys power that can be generated from solar panel
Emission that can be reduce as big as 1.2 million Kg CO2 and 2900 Kg CO. For solar panel additional at roof top and pool bus could not meet energi demand for day to day bus activities. Economic analysis shows that bus convertion form fossil fuel to electric bus worth doing with 15 years pay back time, while additional solar panel installation wheater at the roof top or in pool bus was not woth doing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTF 333.793 2 Kur s-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Konversi bahan bakar fosil, Electric Vehicle, Emisi gas rumah kaca, Panel surya, Net Present Value (NPV) |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Andrie Kurniawan |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 07:51 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 07:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62370 |
Actions (login required)
View Item |