Permainan Simulasi Petualangan Palang Merah Remaja Memberikan Pertolongan Pertama dengan Pemodelan Finite State Machine

Dianty, Rosalina Eka (2015) Permainan Simulasi Petualangan Palang Merah Remaja Memberikan Pertolongan Pertama dengan Pemodelan Finite State Machine. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100011-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5111100011-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan adalah suatu musibah yang dapat menimpa setiap manusia kapan saja dan tanpa diduga. Kecelakaan dapat terjadi dimana-mana, mulai dari di rumah, di perjalanan, di tempat kerja, di sekolah dan tempat lainnya. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedik. Hal ini berarti pertolongan tersebut bukan sebagai pengobatan atau penanganan yang sempurna, tetapi hanyalah berupa pertolongan sementara yang dilakukan oleh petugas P3K (petugas medik atau orang awam) yang pertama kali melihat korban.
Tugas akhir ini memodelkan simulasi kecelakaan dan pertolongan pertama, serta mengimplementasikan model dan skenario tersebut ke dalam sebuah permainan simulasi. Simulasi pada permainan ini menggunakan pemodelan Finite State Machine (FSM) untuk memodelkan pemberian pertolongan pertama pada 10 kecelakaan.
Aplikasi permainan simulasi ini berbasis dekstop. Tokoh utama dalam permainan simulasi ini adalah pemain yang berperan sebagai anggota Palang Merah Remaja (PMR). Pemain harus memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan yang tersebar di 3 tempat, yaitu di rumah, sekolah, dan jalan raya.
Tugas akhir ini dapat dijadikan referensi bagi tugas akhir lain dengan tema serupa. Selain itu, tugas akhir ini dapat menjadi
viii
sarana dalam memberikan pengetahuan lebih dalam kepada pemain mengenai cara memberikan pertolongan pertama yang benar. Model sistem pada permainan telah dimplementasikan dan berjalan dengan benar sesuai rancangan modelnya.
=====================================================================================================
Accident is a disaster which may befall to anyone in this world, anywhere and anytime. Accident may take place in a house, in a road, in a workplace, in a school, etc. First Aid is a temporary treatment to the accident victims before they get adequate treatment by the doctors and paramedics. So, First Aid is not a really perfect treatment but it is a just temporary treatment by the First Aid officers who first know the victims.
The game proposed in this paper aims to simulate an accident with the best suited first aid action for the victim in every scenario. The simulation in this game utilizes Finite State Machines (FSM) for modeling every first aid treatment to 10 different scenarios.
This game was developed for desktop. The main character in this game is red cross teen who has to give first aid treatments to anyone at the three available places, namely at house, school, and on the road.
This thesis can be used as a reference for other final project with a similar theme. In addition, this thesis can be a means to provide a deeper knowledge to the players on how to give first aid. The game system model has been implemented on this application and worked correctly according its design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 794.802 22 Dia p
Uncontrolled Keywords: Permainan, Simulasi, Pertolongan Pertama, Palang Merah Remaja, Finite State Machine, Edukasi, Unity.;
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 08 May 2019 02:31
Last Modified: 08 May 2019 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62955

Actions (login required)

View Item View Item