Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Biojanna Cair Serta Perumusan Alternatif Kebijakan Perusahaan Di Daerah Pemasaran Surabaya Studi Kasus CV Biojanna Nusantara Donuhudan

Samudra, Finnatra Bayu (2015) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Biojanna Cair Serta Perumusan Alternatif Kebijakan Perusahaan Di Daerah Pemasaran Surabaya Studi Kasus CV Biojanna Nusantara Donuhudan. Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113201502-Master Thesis.pdf] Text
9113201502-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

CV Biojanna membuat obat berupa minuman fermentasi air kelapa yang
mengandung lactobacillus yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh dan
menyembuhkan penyakit tanpa bahan kimia dan bahan pengawet, sehingga
membuat masyarakat lebih sehat dan aman di konsumsi dalam jangka waktu yang
lama. Pada tahun 2014 penjualan biojanna tidak mengalami peningkatan, sehingga
peneliti ingin mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen dan kemudian menyusun strategi apa yang perlu dilakukan
oleh perusahaan untuk mengoptimalkan penjualan. Faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang akan diteliti yaitu produk, harga,
promosi dan distribusi. Dari ke empat faktor tersebut akan diolah dengan regresi
untuk menentukan mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pelanggan
untuk membeli. Setelah mengetahui faktor yang paling berpengaruh dari hasil
regresi kemudian akan digunakan sebagai input dari matrik SWOT untuk
mengetahui kelemahan dan kelebihan perusahaan serta mencari peluang dan
ancaman untuk menentukan kebijakan yang mungkin dilakukan untuk
mengoptimalkan penjualan. Hasil dari penelitian adalah faktor bauran pemasaran
secara serempak mempengaruhi keputusan pembelian dengan faktor yang paling
berpengaruh adalah produk dengan koefisien 0,304. Setelah melihat hasil regresi
linier, matriks SWOT dan matriks IE maka strategi yang diusulkan kepada
perusahaan adalah mempertahankan kualitas produk, dan memperluas pasar.
========================================================================================================
CV Biojanna Invents health drink developed form the fermentation of coconut
water contains of lactobacillus that could care and prevent health problems
without any chemical and preservative. Thus the consumption of this medication
in the long run is much saver than other drugs, in 2014 sales biojanna not increase,
so the researchers wanted to know what factors most influence on consumer
purchase decisions and then strategize what needs to be done by the company to
optimize sales. Factors that influence the purchase decision that will be examined
are product, price, promotion and distribution. These four factors are calculate
using regression to determine which factor is gives the most influence in costumer
decision making process to buy the product. Then, the most influence factor is
processed using SWOT analysis to determine the strength and weakness of the
company and also find the opportunity and threat for make policy could maintain
even increase sales. The result of this research is the four factors influenced
customer’s decision to buy the product. The most influenced factors is product
with 0,304 coefisien. After processed using linier regression analysis, SWOT
matrix, and IE matrix, the suggested strategy is to maintain product quality and
market expansion.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.812 Sam a
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, keputusan pelanggan, penyusunan kebijakan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:09
Last Modified: 05 Jul 2019 06:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63523

Actions (login required)

View Item View Item