Perencanaan Perkuatan Lereng dan Timbunan pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang Provinsi Lampung STA 51+100 - STA 53+700

Saputro, Tulus (2019) Perencanaan Perkuatan Lereng dan Timbunan pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang Provinsi Lampung STA 51+100 - STA 53+700. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000007-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000007-Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dilakukan guna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di pulau Sumatera. Ruas jalan tol ini terdiri dari Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Pematang Panggang - Kayuagung, Kisaran –Tebing Tinggi, serta Palembang – Tanjung Api – api. Dalam tugas akhir ini akan membahas ruas jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang pada STA 51+100-53+700. Sepanjang STA tersebut banyak terdapat lereng dan lembah yang memiliki beda elevasi yang besar dengan elevasi rencana jalan, sehingga hal tersebut dapat membahayakan pengguna jalan karena berpotensi longsor. Lereng galian dan timbunan pada ruas jalan tersebut akan dianalisa stabilitasnya untuk mengetahui apakah terjadi kelongsoran atau tidak. Analisa stabilitas lereng dan timbuan menggunakan program bantu yang berbasis metode limit equilibrium yang menghasilkan SF. Apabila nilai SF kurang dari 1,2 maka perlu dilakukan perkuatan. Alternatif perkuatan yang digunakan untuk lereng adalah Bronjong, Turap, Soldier Pile, dan Ground Anchor. Sedangkan untuk alternatif perkuatan timbunan menggunakan Geotextile wall dan Keystone-Wall. Perhitungan lereng didasarkan dengan zona yang dikelompokkan menurut ketinggian yaitu zona 1 ketinggian 3-5 meter, zona 2 ketinggian 5-7 meter, dan zona 3 pada ketinggian 7-16 meter. Sedangkan pada perhitungan timbunan didasarkan pada tinggi timbunan yang tinggi hingga mencapai ketinggian 10 meter. Pada tugas akhir ini juga menghitung struktur box culvert yang berada di dasar timbunan agar mampu menerima beban yang terjadi. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa zona 1 dapat dipakai perkuatan Bronjong, zona 2 dapat memakai perkuatan Soldier Pile, zona 3 memakai Ground Anchor. Untuk timbunan terdapat dua alternatif perencanaan yaitu Geotextile wall dan Keystone-wall. Biaya material yang diperlukan untuk perkuatan lereng yaitu, bronjong Rp. 52.500.000, Soldier Pile Rp. 1.551.020.348.73, dan Ground Anchor Rp. 10.725.000.000. biaya ditinjau per 25 meter panjang. Sedangkan biaya material untuk perkuatan timbunan yaitu, Geotextile wall Rp. 23.072.323.200, dan untuk Keystone wall Rp. Rp. 4.211.848.800. Dari hasil tersebut dipilih perkuatan Keystone wall karena harga material dari alternatif tersebut lebih ekonomis dibandingkan dengan geotextile wall. Untuk analisa struktur box culvert sendiri diapatkan tebal dinding dan plat struktur setebal 30 cm dan Total biaya material yang diperlukan untuk box culvert adalah Rp. 801.698.085. Besar volume galian dan timbunan yang terdapat sepanjang ruas jalan tersebut yaitu untuk volume galian sebesar 414133,8 m3. Sedangkan untuk volume timbunan sebesar 69406 m3.
=================================================================================================================================
Trans Sumatera Highway is established to support economics in the area of Sumatera. This highway consist Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Pematang Panggang - Kayuagung, Kisaran –Tebing Tinggi, serta Palembang – Tanjung Api – api. In this thesis, author would discuss abaout Terbanggi Besar-Pematang Panggang highway in STA 51+100 - 53+700. There are several high slope and hill which have a lot of different elevation with the planning of elevation road, so that could be dangerous it potentially caused landslide. Slope dan heap on that highway will be analyzed to know the stability of the slope and heap. Stability analysis of slope and heap use software that provide equilibrium method also can shows the saftety factor. If the safety factor less than 1,2 so the slope and heap need reinforcement. Alternative reinforcement for slope such as gabion wall, Soldier Pile, dan Ground Anchor. And the reinforcement for heap use Geotextile wall dan Keystone-Wall. The calculation for slope based on zone which have different high that is zona 1 with 3-5 meter height, zone 2 with 5-7 meter height, and zone 3 with 7-16 meter height. And for calculation of heap besed on the height of heap which can reach about 10 meter height. In this thesis also discuss about structure of box culvert under the heap because it receive many of load from heap, traffic, and itself so it need to be analyzed to keep the structure safe. From calculation result obtained that first zone use gabion wall for reinforcement, second zone use soldier pile, and the last zone use Ground Anchor. For heap it was obtained two alternative reinforcement such as Geotextile wall and Keystone-wall. The cost of material are needed for the reinforcement of the slope that is for gabion wall Rp. 52.500.000, Soldier Pile Rp. 1.551.020.348.73, and Ground Anchor Rp. 10.725.000.000. the costs are reviewed per 25 meters along the road. The costs for reinforcement of the heap is Geotextile wall Rp. 23.072.323.200, and for Keystone wall is Rp. Rp. 4.211.848.800. From that result Keystone wall is choosen for reinforcement of the heap because it more economics than geotextile wall. The result of analysis box culvert the thickness of box culvert is 30 cm and the total cost of material for box culvert is Rp. 801.698.085 . Total volume of cut and fill along the road is 414133.8 m3 for cutting slope and 69406 m3 for fill.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 624.154 Sap p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Slope, Heap, Ground Anchor, Soldier Pile, Sheet pile, gabion wall, Geotextile wall, Keystone-wall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tulus Saputro
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:18
Last Modified: 02 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64286

Actions (login required)

View Item View Item