Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Segmen Probolinggo - Paiton dengan Menggunakan Perkerasan Kaku

Darmawan, Ilham Rizky (2019) Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Segmen Probolinggo - Paiton dengan Menggunakan Perkerasan Kaku. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000010-Undergraduate_Theses.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Jalan tol memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Jalan Tol Trans Jawa merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan perekonomian negara, jalan tol ini membentang dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa. Jalan Tol Trans Jawa memiliki panjang total 1132 kilometer. Proyek ini memiliki 18 ruas jalan tol, bagian terakhir merupakan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi yang memiliki panjang 172,9 kilometer yang terdiri dari 3 seksi yaitu Probolinggo - Besuki, Besuki - Asembagus dan Asembagus - Ketapang.
Dalam tugas akhir ini akan dibahas mengenai perancangan geometrik dan perkerasan jalan menggunakan perkerasan kaku. Lokasi yang diambil termasuk ke dalam seksi 1 tetapi perancangan hanya sampai daerah Paiton. Perancangan tugas akhir ini menggunakan Peraturan Bina Marga untuk Perencanaan Geometrik Jalan Bebas Hambatan tahun 2009, Manual Desain Perkerasan (MDP) tahun 2018, Kemetrian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) Provinsi Jawa Timur tahun 2019.
Metodologi perancangan Jalan Tol ini menggunakan software BIM dimana dalam merencanakan trase, medan yang dihasilkan berupa kondisi riil. Software yang dipakai yaitu Infraworks untuk merencanakan trase dan Civil 3D untuk mengolah Detail Engineering Drawing (DED).
Dari hasil perancangan, didapatkan panjang jalan tol ini sebesar 47,089 km dengan jumlah tikungan sebanyak 20 PI dan lengkung vertikal sebanyak 19 PVI. Tebal lapisan perkerasan kaku didapatkan 305 mm pada badan jalan dan 285 mm pada bahu jalan dengan lapisan tambahan pada keduanya yaitu lapisan kurus (LMC) 100 mm, lapisan drainase 150 mm dan lapisan stabilisasi semen 300 mm. Volume galian yang dihasilkan sebesar 5.992.601,06 m3 dan volume timbunan sebesar 4.667.510,075 m3 dengan rasio perbandingan antara galian dengan timbunan sebesar 22,11%. Total anggaran biaya material untuk pembangunan Jalan Tol ini sebesar Rp3.748.271.319.921,-
==============================================================================================================================
Toll roads have an important role in supporting the country's economic growth. The trans Java Toll Road is a form of government's effort to improve the country's economy, this toll road runs from the western en to the end of Java Island. The Trans Java Toll Road has a length of 1132 kilometer. This project has 18 segments, the last part is the Probolinggo - Banyuwangi toll road which has a length of 172,9 kilometer consisting of 3 sections, namely Probolinggo - Besuki, Besuki - Asembagus, and Asembagus - Ketapang.
In this final project will be discussed about the geomteric design and pavement using rigid pavement. The location taken is included in section 1 but in this design only to Paiton. Design of this academic Assigmnet using Peraturan Bina Marga Untuk Perencanaa Geometrik Jalan Bebas Hambatan in 2009, Manual Desain Perkerasan (MDP) in 2018, and Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) East Java Province in 2019.
This Toll Road design methodology using BIM software where the results of the lane planning are based on actual field conditions. The software used is Infraworks to plan the path and Civil 3D to make Detail Engineering Drawing (DED).
From the results of this toll road planning, the length of the road is 47,089 kilometers with the number of bends of 20 PI's and 19 vertical curves of PVI. Rigid pavement layer thickness was obtained 305 mm on the main road and 285 mm on the shoulder with an additional kayer on both of them namely 100 mm lean mix concrete layer, 150 mm drainage layer, and 300 mm cement layer. The result of excavation volume is 5.992.601,06 m3 and the result of fill volume is 4.667.510,075 m3 with a ratio between excavation and heaps is 22,11%. The total budget for material construction od this toll road is Rp3.748.271.319.9212,-

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 625.7 Dar p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Geometrik, Probolinggo, Perkerasan Kaku
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ilham Rizky Darmawan
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:39
Last Modified: 10 Jul 2024 01:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65782

Actions (login required)

View Item View Item