Perencanaan Lokasi Dan Konfigurasi Gerbang Tol Yogyakarta Solo

Isnanda, Miftah Iriansyah (2019) Perencanaan Lokasi Dan Konfigurasi Gerbang Tol Yogyakarta Solo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000136_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000136_Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jalan tol merupakan jalan yang dikhususkan kendaraan dengan minimal 2 gandar dan sebelum memasuki jalan tol terdapat gerbang tol untuk membayar biaya masuk ke jalan tol tersebut dengan biaya yang berbeda-beda tiap golongan. Di dalam pelaksanaannya jalan tol yang seharusnya jalan bebas hambatan tetapi sering kali terjadi kemacetan salah satu faktor dari kemacetan itu sendiri adalah panjangnya antrian di gerbang tol dan kurang seimbangnya antara gerbang tol yang dioperasikan dengan jumlah kendaraan yang masuk jalan tol. Sehingga dibutuhkannya jumlah gerbang tol yang optimum agar jalan tol dapat memaksimalkan fungsinya sebagai jalan bebas hambatan. Tahap pertama dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah melakukan survey, menentukan lokasi yang akan di tinjau, dan studi literature yang bertujuan untuk mengetahui metode apa yang di gunakan dalam perencanaan gerbang tol Yogyakarta Solo yang paling optimum. Dilanjutkan dengan pengumpulan data pelayanan gerbang tol jika di rencanakan dengan sistem Gerbang Tol Otomatis (GTO), dan On Board serta data jumlah kendaraan untuk menentukan matriks asal tujuan. Untuk data lama waktu pelayanan gerbang tol dilakukan dengan cara survey menggunakan stopwatch. Untuk data jumlah kendaraan dapat di lakukan survey pada pihak pihak yang bersangkutan dalam menentukan jumlah kendaraan yang lewat. Setelah semua data sudah ada dilakukan matriks asal tujuan dan dimen yang di butuhkan dalam gerbang tol. Kemudian setelah mendapatkan matriks alas tujuan akan di lakukan perhitungan perencanaan gerbang tol yang paling optimum dengan kombinasi atau satu sitem saja yang di gunakan dalam gerbang tol tersebut yaitu dengan sistem Gerbang Tol Otomatis (GTO), dan On Board. Harapannya perencanaan ini didapati jumlah gerbang tol yang optimum dalam segi panjang antrian, dan tingkat pelayanan. Hasil dari perencanaan gerbang tol Yogyakarta Solo tahun 2019. Gerbang tol Surakarta, Delanggu, Klaten, Prambanan, Yogyakarta untuk arah masuk keluar terdapat 1 gardu tol otomatis khusus golongan I, gardu tol otomatis, dan gardu On Board Unit. Pada tahun 2024 gerbang tol Surakarta, Delanggu Klaten arah masuk keluar 1 gardu tol otomatis khusus golongan I, 2 masuk keluar untuk gardu tol otomatis dan 1 masuk keluar On Board Unit. Prambanan arah masuk keluar 1 gardu tol otomatis khusus golongan I, 1 masuk 2 keluar untuk gardu tol otomatis 1 masuk keluar On Board Unit. Yogyakarta arah masuk 2 keluar 1 gardu tol otomatis khusus golongan I, 1 masuk keluar untuk gardu tol otomatis dan 1 masuk keluar On Board Unit
==============================================================================================================================
A toll road is a private road mainly for any vehicle with a minimum of two axis, which money must be paid for passage through a toll gate. The cost may vary based on the location and what category your vehicle is classified in. in the reality where toll roads are supposed to be traffic-free, many occurrences have happened the opposite. One of the main factors of this issue is the disproportion between the provided toll gates with the amount of the vehicles entered the toll road, which leads to the long queue in the toll gates. Build upon this, there is a need for additional toll gates in toll read to be fully functioned and optimized as a traffic-free road.
The first step for this final thesis is to conduct a survey and review in the chosen location. Then from literature study, this research will find out what method is the most suitable for the case of Yogyakarta Solo toll gates. This research will collect data from the application of Automatic Toll-Gate and On Board Unit, as well as the number of vehicles passing, which the data of vehicles will be gotten from the concered person handling the data, to discover the matrix from origin destination. Further research about the service time of the toll gates will be determined by a stopwatch survey. All the data and the optimize the service time, by using one kind of toll gate or using the combination between Automatic Toll Gate and On Board Unit.
The result of the planning of the Yogyakarta Solo toll gate 2019 Surakarta, Delanggu, Klaten, Prambanan, Yogyakarta toll gate for the incoming outgoing directions there is 1 class I-type automatic toll booths, 1 automatic toll booths and 1 On Board Unit. In 2024, Surakarta, Delanggu, Klaten toll gate for incoming and outgoing directions there are 1 class I type automatic toll booths, 2 incoming outgoing automatic toll booths 1 incoming outgoing On Board Unit. Prambanan toll gate for incoming outgoing 1 directions class I-type automatic toll booth, 1 incoming ,2 outgoing automatic toll booth, 1 On Board Unit. Yogyakarta toll gate for incoming 2 ,1 outgoing directions class I-type automatic toll booth, 1 incoming outgoing automatic toll booth, 1 incoming outgoing On Board Unit

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 624.151 36 Adr a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Gerbang Tol, Gerbang Tol Yogyakarta Solo, Gerbang Tol yang Optimum.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Isnanda Miftah Iriansyah
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:19
Last Modified: 12 Jul 2024 03:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67143

Actions (login required)

View Item View Item