Re-desain Interior Sekolah Inklusif Galuh Handayani dengan Konsep Fun-interaktif Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus

Hamidah, Jamilah (2019) Re-desain Interior Sekolah Inklusif Galuh Handayani dengan Konsep Fun-interaktif Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir_Jamilah Hamidah.pdf]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir_Jamilah Hamidah.pdf

Download (26MB) | Preview
[thumbnail of 08411540000060-Undergraduate-Theses.pdf] Text
08411540000060-Undergraduate-Theses.pdf

Download (26MB)

Abstract

Pendidikan adalah hal yang penting bagi kehidupan seseorang baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Pendidikan memberikan banyak pengetahuan yang akan membuat hidup dan perilaku seseorang menjadi lebih baik. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat (1) menyatakan “setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Untuk dapat mewujudkan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang bermutu maka siswa penyandang disabilitas harus diperlakukan secara sejajar atau setara dengan siswa non-penyandang disabilitas. Sekolah Inklusif Galuh Handayani merupakan salah satu sekolah reguler yang menyelenggarakan pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus di Surabaya. Sekolah ini menyelenggarakan program inklusif yang meliputi jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA, dan College yang setara dengan D2. Sekolah ini melayani program pendidikan formal dan meyediakan rehabilitasi fisik, mental, dan sosial untuk anak berkebutuhan khusus sehingga anak berkebutuhan khusus dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, Sekolah Inklusif Galuh Handayani perlu memperhatikan aksesibilitas pada fasilitas bangunan sekolah untuk meningkatkan derajat aksesibilitas anak berkebutuhan khusus maupun anak tanpa kebutuhan khusus. Tujuan dari tugas akhir “Perancangan Sekolah Inklusif Galuh Handayani dengan Konsep Fun-Interaktif untuk Meningkatkan Aksesibilitas Mandiri Siswa Berkebutuhan Khusus” adalah untuk mewujudkan desain interior sekolah inklusif yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk bersosialisasi dengan menerapkan konsep desain yang fun dan interaktif serta dapat beraktivitas secara mandiri melalui bangunan yang aksesibel. Desain akhirnya berupa penerapan konsep fun-interaktif pada elemen-elemen interior sekolah melalui aspek warna dan bentuk sebagai media interaksi yang sesuai dengan standar aksesibilitas bangunan.
======================================================================================================================================
Education is an important thing for someone life for now and in the future. Education gives a lot of knowledge that can make a person’s life and behaviour better. Children with special needs have the rights to get a proper education, so they can increase their quality of life. Based on Laws of the Republic Indonesia Number 20 in the Year 2003 concerning National Education System Article 5 paragraph (1) which reads “every citizen has the same right to get a proper education”. To be able to realize the same rights in obtaining a proper education, students with disabilities must be treated equally with students without disabilities. Galuh Handayani Inclusive School is one of the regular school that organizes inclusive education for students with special needs in Surabaya. This school is organizing an inclusive program for kindergarten, elementary school, junior high school, senior high school, and college that are equivalent to diploma 2. This school serves formal education programs and provides physical, mental, and social rehabilitation for children with special needs, so they can socialize with their environment. Therefore, Galuh Handayani Inclusive School needs to pay attention to the accessibility of school building facility for increased the degree of accessibility of children with and without special needs. The goal from this thesis “Designing Galuh Handayani Inclusive School with a Fun-interactive to increased independent accessibility of students with special needs” is to create an interior design of inclusive school that can enhance students ability to socialize by applying fun and interactive concept and they can do their activity independent through accessible buildings. The final design is an implementation of fun-interactive concept to interior elements in school through colours and forms as interactive media based on building accessibility standards.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDI 747.871 Ham r-1
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas Mandiri, Fun-interaktif, Sekolah Inklusif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Jamilah Hamidah
Date Deposited: 11 Apr 2025 02:27
Last Modified: 11 Apr 2025 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67438

Actions (login required)

View Item View Item