Analisis Numerik Pengaruh Inverted Bow Terhadap Badan Kapal Planning Hull Dan Rounded Hull Tipe High Speed Craft

Priyasambada, Andreas (2019) Analisis Numerik Pengaruh Inverted Bow Terhadap Badan Kapal Planning Hull Dan Rounded Hull Tipe High Speed Craft. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan TA_Andreas Kukuh_04111340000074.pdf]
Preview
Text
Laporan TA_Andreas Kukuh_04111340000074.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kapal crew boat sering digunakan untuk daerah pengperasian lepas pantai, karena hal itu faktor kecepatan kapal, durasi tempuh kapal dan konsumsi bahan bakar kapal yang digunakan sangat penting dalam pengopersasiannya. Dengan adanya penambahan Inverted bow pada kapal ini menjadi alternatif dalam meningkatan efisiensi dan performa kapal. Tujuan dari penggunaan Inverted bow ini adalah memperkecil gelombang haluan sehingga mengurangi friksi dan hambatan pada badan kapal. Untuk mendapatkan model Inverted bow pada model kapal Planning Hull dan Rounded Hull dilakukan proses modifikasi dan redesain model kapal crew orela pada 30% bagian haluan kapal, dengan memperhatikan nilai displacement dan nilai hidrostatik kapal pembanding utama. Proses simulasi dan pengujian hambatan menggunakan aplikasi CFD (Computational Fluid Dynamic) dan software Maxsurf Advance Modeller and Resistance didapatkan nilai hambatan total kapal. Pengaruh penggunaan Inverted bow dapat mulai dilihat pada kecepatan 18 knots dan nilai hambatan kapal terus berkurang seiring bertambahnya kecepatan kapal. Pada model Inverted Planning Hull memiliki perbedaan nilai hambatan total kapal sebesar (9.45 kN) 4.85% pada kecepatan dinas 28 knots dan 2.17 kN (2.17%) jika dibandingkan dengan normal Planning Hull, dan pada model Inverted Rounded Hull memiliki selisih hambatan total kapal sebesar 10.2 kN (4.4%) pada kecepatan 28 knot jika dibandingkan dengan model konvensional Rounded Hull. Hasil ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan inverted bow pada lambung kapal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inverted bow, Resistance, Planning Hull, Rounded Hull, CFD.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andreas Kukuh Priyasambada
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:02
Last Modified: 14 Jun 2024 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67664

Actions (login required)

View Item View Item