Boediman, Ariel (2019) Analisis Hambatan Pada Dimple Surfaced Hull Menggunakan CFD. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
Laporan Tugas Akhir - Ariel Krisna Boediman - 4111540000048.pdf Download (7MB) | Preview |
Text
04111540000048-Undergraduate_Thesis.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, hambatan dari dimple surfaced hull dan potensinya untuk mengurangi
hambatan dibandingkan model lambung konvensional telah dianalisis. Penelitian ini dilakukan
dengan mempelajari aerodinamika pada bola golf. Bentuk benda seperti bola memilki
komponen hambatan tekanan yang cukup signifikan. Hambatan tekanan tersebut dapat
dikurangi dengan menunda terjadinya flow separation. Dapat dimengerti bahwa permukaan
berlekukan atau dimple pada bola golf memiliki fungsi untuk meningkatkan turbulensi pada
boundary layer bola tersebut agar flow separation dapat tertunda, sehingga daerah wake pada
belakang bola menjadi lebih kecil. Pada penelitian ini, dipercaya bahwa konsep tersebut dapat
dimanfaatkan dan diterapkan untuk mengurangi hambatan pada kapal. Terdapat 4 model
lambung kapal yang disimulasi pada penelitian ini, 1 lambung sesuai dengan bentuk aslinya
dan 3 lambung percobaan yang dimodifikasi (dimple surfaced hull) dengan dimple dengan 3
ukuran dimple berbeda. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak
computational fluid dynamics. Berdasarkan simulasi yang dilakukan, dapat diketahui bahwa
dimple surfaced hull memiliki hambatan total yang lebih rendah dibandingkan model aslinya,
dan penurunan hambatan tersebut lebih efektif pada kecepatan rendah. Walaupun demikian,
penurunan hambatan yang terjadi tidak terlalu signifikan, dengan penurunan paling besar
sebanyak 26.12% pada dimple surfaced hull di kecepatan 5 knot dengan ukuran rasio dimple
terkecil diantara ketiga ukuran rasio yang diuji, dan penurunan paling kecil sebanyak 1.74%
pada kecepatan 11 knot dengan ukuran rasio dimple terkecil.
=================================================
In this research, the resistance of dimpled hull forms and their potential relevance
in reducing the resistance of modern conventional hull forms has been investigated.
This research has been undertaken while trying to understand the flight dynamics
of a dimpled golf ball. Non-streamlined bodies, like spheres, have significant
pressure drag due to flow separation. Pressure drag can be reduced through
separation delay. It is understood that dimples are placed on a golf ball to trip the boundary
layer from laminar to turbulent in order to delay flow separation. It is believed that the same
concept can be adapted for use on a ship to decrease viscous resistance. Four ship models were
simulated, a control (an unmodified model based on a real ship) and three experiment dimple
surfaced hull models with three different dimple sizes. Simulation was done by using
computational fluid dynamics software. Based on the simulations, it can be
determined that dimple surfaced hulls have less resistance than its original model and works
better on low speed. However, reduction of total resistance is not very significant. The most
effective reduction was at 7 knot with the biggest dimple ratio among among the three, with a
reduction of 26.12% of total resistance, while the least effective reduction was at 11 knot with
the smallest dimple ratio which has only 1.74% reduction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dimple, flow separation, ship resistance, CFD |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ariel Krisna Boediman |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 07:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 07:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67951 |
Actions (login required)
View Item |