Analisis Ketahanan Biokorosi Mikroalga pada Material Baja ASTM A53 Terhadap Variasi Heat Treatment di Lingkungan Laut

Prasetyo, Citra Egy (2019) Analisis Ketahanan Biokorosi Mikroalga pada Material Baja ASTM A53 Terhadap Variasi Heat Treatment di Lingkungan Laut. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000023_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04311540000023_Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Akan dilakukan penelitian laju korosi terhadap material baja ASTM A53 dengan variasi proses heat treatment. Variasi Proses heat treatment yang dipilih adalah hardening austempering, normalizing dan full anealing. Setelah diberikan perlakuan panas (heat treatment) material akan dilakukan uji korosi dengan metode perendaman (immersion corrosion test) dengan cara dicelupkan kedalam mikroalga Chlorella vulgaris pada air laut buatan dengan salinitas 3,5 %. Dari hasil penelitian ini didapatkan material tanpa perlakuan panas (non-heat treatment) memiliki nilai laju korosi paling tinggi. Untuk material tanpa perlakuan panas dengan penambahan mikroalga memiliki nilai laju korosi sebesar 0,2780 mm/year dan 0,23248 mm/year untuk material tanpa penambahan mikroalga. Sedangkan material dengan perlakuan panas full anealing memiliki nilai laju korosi paling rendah. Untuk material dengan perlakuan panas full anealing dengan penambahan mikroalga memiliki nilai laju korosi sebesar 0,1510 mm/year dan 0,1434 mm/year untuk material tanpa penambahan mikroalga. Hasil foto mikrosruktur dan makrostruktur menunjukkan bawa setelah dilakukan foto mikrostruktur terjadi produk korosi jenis sumuran (pitting) dan seragam (uniform) sedangkan dari hasil foto makrostruktur dihasilkan endapan yang berwarna coklat kehitaman yang merupakan magnetit (Fe3O4) dan warna merah kecoklatan yang merupakan Fe(OH)3 dan FeOOH. Dari hasil penelitian ini didapatkan perlakuan panas jenis full annealing adalah jenis perlakuan yang paling baik dalam menghambat terjadinya laju korosi pada material baja ASTM A53 di lingkungan laut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Heat Treatment, , MIC, Biocorrosion, Immersion corrosion test, Chlorella Vulgaris, Steel ASTM A53.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1665 Offshore structures--Materials.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prasetyo Citra Egy
Date Deposited: 01 Jul 2024 05:18
Last Modified: 01 Jul 2024 05:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68688

Actions (login required)

View Item View Item