Analisis Percepatan Penjadwalan Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang

Nabilah, Muhamad Naufal (2019) Analisis Percepatan Penjadwalan Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban Subang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000113_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04311540000113_Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu pelabuhan yang sedang dalam pembangunan saat ini oleh Pemerintah Indonesia. Pembangunan pelabuhan ini dibagi menjadi tiga tahap. Pembangunan tahap satu ditargetkan dapat mulai beroperasi pada akhir tahun 2019, namun karena masalah pendanaan, pembangunan menjadi terhambat. Masalah keterlambatan selalu menjadi permasalahan utama yang sering terjadi pada proyek pembangunan. Pada umumnya, hal ini terjadi akibat dari penanganan masalah penjadwalan yang tidak baik dan tidak efisien. Penggunaan metode tradisional yang selalu dipakai pun tidak dapat memberikan solusi yang tepat. Oleh karena itu, berkembanglah metode baru yang diharapkan mampu menjadi solusi dari permasalahan tersebut, yaitu Critical Chain Project Management (CCPM). CCPM adalah sebuah metode perencanaan proyek yang menekankan pada sumber daya yang diperlukan dalam melakukan tugas-tugas yang ada pada proyek sehingga metode ini mampu menghilangkan faktor-faktor keterlambatan seperti multitasking, student syndrome, Parkinson's law dan dapat memberikan waktu luang (buffer) di akhir jadwal proyek. Pada tugas akhir ini, penjadwalan dilakukan menggunakan metode CPM yang kemudian dipercepat menggunakan metode CCPM. Analisis penjadwalan ini dibantu oleh software Ms. Project. Hasil menunjukan, bahwa metode CCPM memberikan durasi lebih cepat yaitu sebesar 206 hari dengan buffer sebesar 180 hari.
=============================================================================================================================
Patimban Port is one of the ports currently under construction by the Indonesian Government. The construction of this port is divided into three phases. The first phase construction is targeted to start operating at the end of 2019, but because the funding problems, contruction has been hampered. Delay problems are always the main problem project that often occur in construction. In general, this happens due to bad handling and inefficient scheduling. The use of traditional methods that commonly used also cannot provide the right solution. Therefore, a new method is developed which is expected to be the solution to the problem, namely the Critical Chain Project Manager (CCPM) CCPM is a project planning method that emphasizes the resources needed to carry out tasks in the project that can fix the factors of delay such as multitasking, student syndrome, Parkinson's law and can provide buffer at the end of the project schedule. In this thesis, scheduling is performed by using CPM method and then acceleration by using CCPM method. The analysis of scheduling for this thesis is carried out by using Ms. Project assistance. The results show that the duration of CCPM gave a faster duration of 206 days with a buffer of 180 days.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Proyek, CPM, CCPM, Buffer, dan Software Ms. Project
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabilah Muhamad Naufal
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:16
Last Modified: 26 Jun 2024 07:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68707

Actions (login required)

View Item View Item