Dampak Instalasi Heave Plate Pada Keel Classic SPAR Terhadap Karakteristik Massa Tambah dan Redaman Viskos Melalui Studi Analitis, Eksperimen dan Numeris

Abraar, Brian Ishom (2019) Dampak Instalasi Heave Plate Pada Keel Classic SPAR Terhadap Karakteristik Massa Tambah dan Redaman Viskos Melalui Studi Analitis, Eksperimen dan Numeris. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000013_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04311540000013_Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Classic SPAR adalah struktur lentur – terapung (compliant – floating) dengan kedalaman operasional di laut dalam yang memiliki karakteristik damping yang kecil dan periode natural yang besar (berada diantara 20 – 30 sekon). Saat struktur alami beban eksternal lingkungan seperti gelombang periode panjang, maka struktur Classic SPAR mengalami pergerakan heave yang signifikan yang menyebabkan potensi kerusakan pada risers pada Classic SPAR. Untuk mereduksi dampak pergerakan heave yang signifikan, penggunaan heave plate pada struktur Classic SPAR adalah salah satu cara yang direkomendasikan, dikarenakan dapat memfasilitasi penambahan redaman viskos (viscous damping) dan massa tambah (added mass) pada gerak heave yang dampaknya mempengaruhi respon gerakan heave melalui parameter damping ratio. Dalam studi kasus Tugas Akhir ini, dengan melakukan variasi diameter ratio 1.3, 1.4 dan 1.5 melalui dengan pendekatan uji eksperimen di kolam Maneuvering and Ocean Basin (MOB) yang dibandingkan hasilnya oleh pendekatan numeris dengan software MOSES, kemudian dimodelkan grafik analitisnya oleh Strip Theory Model dengan bantuan software MATLAB pada kondisi tertambat taut dengan variasi diameter heave plate didapatkan grafik heave decay respon heave dengan peningkatan maksimum untuk parameter periode natural sebesar +4,67%, damping ratio sebesar +28,79%, massa tambah sebesar +154,43% dan redaman viskos sebesar +34,80%. Untuk reduksi respon heave saat kondisi resonansi, didapatkan bahwa terdapat reduksi sebesar (-16,19)% untuk diameter ratio 1.4 dan (-28,79)% untuk diameter ratio 1.5, relatif terhadap diameter ratio 1.3.
===================================================================================== In this Final Project, by variation of diameter ratio (ratio diameter between heave plate and hull of Classic SPAR) by 1.3, 1.4, and 1.5, through experimental study at Maneuvering and Ocean Basin (MOB), then comparing the results by numerical study by MOSES software in taut mooring draft condition, then comparing by modelling the heave decay graph by using analytical study of floating structure motion from Strip Theory Model with MATLAB software to compare with heave decay graph that occurs in experimental study, acquire results that with the variation of diameter ratio increase the natural period up to 4.67%, damping ratio up to 28.79%, added mass up to 154.43% and viscous damping up to 34.80%. In the interest of reduction of Classic SPAR heave response by effect of wave load at resonance condition, acquire results of reduction rate by 16.19% for diameter ratio 1.4 and 28.79% for diameter ratio 1.5, relatively to diameter ratio 1.3.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Heave Plate, Classic SPAR, Massa Tambah, Redaman Viskos, Damping Ratio
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Abraar Brian Ishom
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:12
Last Modified: 21 Jun 2024 04:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68730

Actions (login required)

View Item View Item