Penurunan Kebisingan Di Kamar Mesin Kapal Dengan Optimalisasi Muffler Pada Sumber Bunyi

Navyazka, Mirfak Yunan (2019) Penurunan Kebisingan Di Kamar Mesin Kapal Dengan Optimalisasi Muffler Pada Sumber Bunyi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000013-Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebisingan adalah suara yang dapat menyebabkan permasalahan dan mengganggu kenyaman sekitar. Sehingga, pengukuran tingkat kebisingan harus dilakukan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang terjadi di kapal, terutama di kamar mesin. Sehingga dapat direncanakan alternatif sistem yang tepat apabila tingkat kebisingan yang terjadi melebihi batas yang ditetapkan oleh peraturan yang berlaku seperti IMO, ABS dan LR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode komputasi untuk membuat kontur kebisingan di kamar mesin dan pemodelan rekomendasi muffler untuk menurunkan kebisingan. Dari hasil pengukuran dengan menggunakan Sound Level Meter untuk tingkat kebisingan pada kamar mesin kapal Natuna Express High Speed Craft penyeberangan Gresik ke Bawean melebihi dari standar Internasional seperti IMO, LR dan ABS sebesar 110 dB. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kontur tergantung dari kondisi dan letak dari komponen-komponen yang mempengaruhi tingkat kebisingan pada tiap ruangan tersebut. Setelah melakukan proses perhitungan Transmission Loss yang dihasilkan oleh sebuah Barrier dengan panjang dan diameter pada ruang ekspansi Muffler sebesar 320 cm dan 98 cm, dengan bahan material plywood dimana dapat mengurangi suara sebesar 24,94 dB. Dimana ketika kondisi ME ON & Generator ON menghasilkan kebisingan sebesar 117,8 dB dan terjadi penurunan sebesar 92,9 dB ketika terjadi modifikasi Muffler dekat Engine. Lalu untuk modifikasi Muffler pada Tail pipe menghasilkan penurunan sebesar 107,3 dB. Sedangkan unutk kondisi kapal ME OFF & Generator ON menghasilkan kebisingan sebesar 108,7 dB dan terjadi penurunan sebesar 83,8 dB ketika terjadi modifikasi Muffler dekat Engine. Lalu untuk modifikasi Muffler pada Tailpipe menghasilkan penurunan sebesar 98,2 dB. Proses simulasi penelitian ini terhadap perencanaan penggunaan modifikasi Muffler yang telah terpasang pada exhaust gas outlet dapat disimpulkan bahwa semakin panjang ruang ekspansi dan semakin besar diameter ruang ekspansi muffler, maka transmission loss yang dihasilkan juga akan semakin besar.
========================================================================================================================
Noise is a sound that can cause problems and disrupt the comfort around. So, noise level measurements must be done to determine the noise level that occurs on the ship, especially in the engine room. So that an appropriate system alternative can be planned if the noise level exceeds the limits set by applicable regulations such as IMO, ABS, and LR. The method used in this study uses computational methods to make noise contours in the engine room and modeling muffler recommendations to reduce noise. From the measurement results using Sound Level Meter for noise levels in the Natuna Express engine room High-Speed Craft Gresik crossing to Bawean exceeds International standards such as IMO, LR and ABS at 110 dB. After carrying out the process of calculating Transmission Loss produced by a Barrier with a length and diameter in the Muffler expansion chamber of 320 cm and 98 cm, with plywood material which can reduce sound by 24.94 dB. Where when the ME ON & Generator ON conditions produce a noise of 117.8 dB and a decrease of 92.9 dB when there is a modification of the Muffler near the Engine. Then to modify the tailpipe muffler resulted in a decrease of 107.3 dB. While for the condition of the ME OFF & Generator ON the ship produces a noise of 108.7 dB and a decrease of 83.8 dB when there is a modification of the Muffler near the Engine. Then to modify the Tailpipe Muffler produces a decrease of 98.2 dB. The process of simulation of this study on planning the use of modified mufflers that have been installed at the exhaust gas outlet can be concluded that the longer the expansion space and the greater the diameter of the muffler expansion chamber, the greater the transmission loss produced.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Kamar Mesin, Transmission Loss, Muffler. ======================================================================================================================== Engine Room, Muffler, Ship Noise, Transmission Loss
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Navyazka Mirfak Yunan
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:05
Last Modified: 02 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69013

Actions (login required)

View Item View Item