Analisa Gangguan Tegangan Jatuh Pada System Kelistrikan Tertutup Kapal Dynamic Positioning Dengan Skala Laboratorium

Prasetyawan, Prasetyawan (2019) Analisa Gangguan Tegangan Jatuh Pada System Kelistrikan Tertutup Kapal Dynamic Positioning Dengan Skala Laboratorium. Other thesis, institut teknologi sepuluh nopember.

[thumbnail of 04211440000012-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
04211440000012-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

BAHASA INDONESIA :
Kapal dengan dynamic positioning memiliki kemampuan khusus antara lain, menjaga posisi kapal pada lokasi yang ditetapkan, mengikuti refrence point untuk bergerak sesuai dengan jalur yang ditentukan dan pekerja lainnya. Beberapa pekerjaan kapal dengan dynamic positioning memiliki risiko tinggi jika terjadi kegagalan dalam hal ini kehilangan posisinya. Hampir seluruh peralatan penunjang dynamic positioning merupakan instalasi kelistrikan, menurut data statistic tahun 1994-2003 kegagalan kehilangan posisi yang fatal akibat suplai daya sebesar 10,6% dan sistem elektrikal 6,1% (Li, 2013). Oleh karena itu kualitas tegangan listrik menjadi Salah satu faktor penting pada sebuah sistem kelistrikan kapal. Buruknya kualitas tegangan yang dihasilkan dapat mengakibatkan penurunan keandalan sistem tenaga listrik dan dapat mengurangi lifetime dari peralatan listirk tersebut. Tegangan jatuh yang terjadi pada beban listrik di kapal sering dihiraukan oleh ABK dan jarang mendapat perhatian khusus. Pada penelitian ini dilakukan uji laboratorium tegangan jatuh untuk mengetahui tegangan jatuh. Uji laboratorium ini dilakukan pada beberapa konfigurasi suplai daya dan variasi beban. Hasil uji laboratorium didapatkan tegangan jatuh pada setiap skenario konfigurasi dan variasi beban. Tegangan jatuh terjadi pada semua beban di semua komponen pada seluruh konfigurasi suplai daya dan seluruh variasi beban. Namun ada Tegangan jatuh yang melewati standar IEC. Pada skenario 2 (1 generator thruster) hal ini dikarenakan pada scenario tersebut 1 buah generator harus menompang beban 2 motor sendiri tanpa bantuan dari generator lain. Sebagai contoh pada skenario 2 variasi 1 komponen motor 1 terjadi tegangan jatuh yang melewati standart sebesar 12,63% dan motor 2 12,71 %. Karna terjadi tegangan jatuh dan ada yang melewati standart maka harus dilakukan metode perbaikan untuk memperbaiki nilai tegangan jatuh, Metode perbaikan diterapkan pada semua scenario dengan menambahkan kapasitor pada sistem. Upaya ini meminimalkan tegangan jatuh pada scenario 2 variasi beban 1 yang terjadi pada motor thruster 1 12,63% turun menjadi 0,614 %, motor thruster 2 dari 12,7193% turun menjadi -0,263% dan generator thruster 1 dari 12,719% menjadi 0,526%.
============================================================
BAHASA INGGRIS :

Dynamic positioning vessels have special capabilities, among others, maintaining the position of the ship at the specified location, following the refrence point to move according to the specified path and other workers. Some work with dynamic positioning ships have a high risk of failure in this case losing their position. Almost all dynamic positioning supporting equipment is an electrical installation, according to statistics from 1994-2003 failure to lose a fatal position due to power supply of 10.6% and 6.1% electrical systems (Li, 2013). Therefore the quality of the electric voltage becomes one of the important factors in a ship's electrical system. The poor quality of the voltage produced can result in a decrease in the reliability of the power system and can reduce the lifetime of the electrical equipment. Falling stress that occurs in electrical loads on ships is often ignored by ABK and rarely gets special attention. In this study a laboratory test of falling voltage was conducted to determine the falling voltage. This laboratory test is carried out on several power supply configurations and load variations. Laboratory test results show that the voltage falls in each configuration scenario and load variation. Falling voltage occurs in all loads in all components in the entire power supply configuration and all load variations. But there is a voltage drop that exceeds the IEC standard. In scenario 2 (1 generator thruster) this is because in this scenario 1 generator must load 2 motors themselves without the help of another generator. For example, in scenario 2 variations in 1 component of motor 1 there is a voltage drop that passes the standard of 12.63% and motor 2 is 12.71%. Because the voltage falls and someone passes the standard, a repair method must be done to improve the value of falling voltage. The repair method is applied to all scenarios by adding capacitors to the system. This effort to minimize the falling voltage in scenario 2 variations in load 1 which occurred on the 1 thruster motor 12.63% fell to 0.614%, thruster motor 2 from 12.7193% fell to -0.263% and generator thruster 1 from 12.719% to 0.526%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Falling Voltage, Voltage, Dynamic Positioning, Closed Systems, Generators
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3030 Electric power distribution systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: prasetyawan prasetyawan
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:41
Last Modified: 02 Jul 2024 08:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69234

Actions (login required)

View Item View Item