Studi Aliran Daya Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Sistem Tertutup Dalam Skala Laboratorium

Catur, Rizaldi (2019) Studi Aliran Daya Pada Sistem Kelistrikan Kapal Dynamic Positioning Sistem Tertutup Dalam Skala Laboratorium. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000088-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000088-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peralatan yang menggunakan energi listrik di kapal sangatlah banyak, maka dari itu suplai yang tersedia harus dapat mencukupi kebutuhan pada kapal tersebut. Salah satu sistem yang membutuhkan energi listrik yang besar adalah sistem Dynamic Positioning, sistem ini merupakan teknologi yang berfungsi untuk mempertahankan posisi kapal pada sauatu titik yang telah ditentukan secara otomatis ataupun dengan kontrol manual. Dynamic Positioning menggunakan sensor gerak dan sensor posisi sebagai penyalur informasi perpindahan kapal ke komputer yang mengendalikan thruster dan rudder secara otomatis sebagai usaha untuk mempertahankan posisi kapal pada titik yang telah ditentukan. Sistem Dynamic Positioning menggunakan motor listrik yang terpasang dengan propeller sebagai thruster, maka dari itu dibutuhkan distribusi tegangan dan daya yang baik agar komponen bekerja optimal. Studi aliran daya pada sistem Dynamic Positioning dibutuhkan untuk memastikan daya dan tengangan yang di suplai dari generator-generator yang ada di kapal menuju beban atau motor listrik memenuhi standard yang telah ditentukan. Pada studi aliran daya sistem Dynamic Positioning ini dilakukan dalam skala laboratorium dengan memodelkan rangkaian dari kapal yang memiliki sistem tersebut dengan peralatan laboratorium, dan juga dilakukan analisis terhadap besarnya rugi daya (losses) dan tegangan jatuh yang terjadi pada tiap jalur transmisi pada skenario yang telah ditentukan. Didapatkan hasil pada skenario 1 variasi pembebanan 60%-75% besar total daya pembangkitan adalah 413 watt (P) dan 310 VAr (Q) dan daya pada beban sebesar 355.53 watt (P) dan 266.65 VAr (Q) dengan nilai rugi daya sebesar 7.38% pada sisi pembangkitan dan 16.10% pada sisi beban, nilai efisiensi daya pada skenario 1 sebesar 92.62% pada sisi pembangkitan dan 83.9% pada sisi beban dimana masih dalam batas standard IEEE yaitu ≥50%. Kondisi tegangan pada skenario 1 mengalami drop sebesar 5% hingga 16% maka perlu dilakukan perbaikan agar nilai drop tegangan sesuai standard IEC yaitu ≤5%. Dilakukan perbaikan menggunakan kapasitor untuk memperbaiki nilai faktor daya dan susut tegangan pada sistem dengan hasil pada skenario 1 variasi 60%-75% nilai faktor daya menjadi -0.54 (leading) pada motor 1 dan 2 dengan nilai susut tegangan berkurang menjadi 0.7%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aliran Daya, Dynamic Positioning, Sistem Tertutup, Kelistrikan Kapal
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fitriawan Raden Catur Rizaldi
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:43
Last Modified: 03 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69394

Actions (login required)

View Item View Item