Analisa Risiko Scrubber Vessel Dan Gas Removal System Menggunakan Metode Risk-Based Inspection Pada Wayang Windu Geothermal Power Unit 2

Andaka, Pradnya Sasmitha (2019) Analisa Risiko Scrubber Vessel Dan Gas Removal System Menggunakan Metode Risk-Based Inspection Pada Wayang Windu Geothermal Power Unit 2. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000069-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000069-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Star Energy Geothermal Wayang Windu Ltd. mengoperasikan 2 unit pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk mensuplai listrik di Pulau Jawa, terutama Provinsi Jawa Barat. Pembangkit listrik tenaga geothermal menggunakan fluida geothermal untuk menggerakkan turbin yang terkopel dengan generator. Fluida geothermal pada fasilitas tersebut memiliki komposisi karbon dioksida (CO2), hidrogen sulfida (H2S) dan amonia (NH3) pada pH di bawah 4,5. Dengan komposisi tersebut, ditambah dengan temperatur dan tekanan yang tinggi, membuat fluida bersifat korosif. Karena itu, lokasi-lokasi yang umum terjadi korosi seperti scrubber vessel dan steam ejector pada gas removal system penting untuk diinspeksi secara berkala. Dalam hal itu, perusahaan menjalankan inspeksi dan overhaul komponen setiap 4 tahun sekali. Namun, inspeksi dan overhaul dilakukan tanpa memperhatikan kondisi komponen baik atau tidak. Untuk mengefektifkan kondisi tersebut, perusahaan memulai untuk melakukan inspeksi berdasarkan kondisi dan risiko dari komponen terkait. Metode yang cocok adalah Risk-Based Inspection (RBI), yang dijelaskan secara sistematis pada API RP 581. Risiko komponen dihitung dari probabilitas dan konsekuensi kegagalan komponen. Sedangkan, untuk parameter perencanaan inspeksi ditetapkan oleh perusahaan dengan target damage factor sebesar 100. Damage factor sendiri merupakan fungsi dari probabilitas kegagalan, dimana nilainya relatif terhadap waktu. Hasil analisa dari steam scrubber dan steam ejector pada saat ini menunjukkan bahwa damage factor keduanya sudah melebihi target dan disarankan diinspeksi sesegera mungkin. Apabila inspeksi dilaksanakan secepatnya, maka disarankan diadakan inspeksi selanjutnya untuk keduanya pada 16 Mei 2021.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Risk-Based Inspection, Scrubber Vessel, Steam Ejector, Wayang Windu
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.5 Petroleum pipelines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andaka Pradnya Sasmitha
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:16
Last Modified: 03 Jul 2024 03:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69436

Actions (login required)

View Item View Item