Perancangan Media Edukasi Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar dengan Konsep Experiential Learning

Amalia, Zilza Nur (2019) Perancangan Media Edukasi Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar dengan Konsep Experiential Learning. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000087-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08311540000087-Undergraduate_Theses.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Indonesia terletak pada rangkaian cincin api yang membentang sepanjang lempeng Pasifik yang merupakan lempeng tektonik paling aktif di dunia. Zona ini memberikan kontribusi kejadian gempa bumi dan hampir semuanya merupakan gempa besar di dunia. Sebagai negara rawan bencana gempa bumi, pengenalan mengenai mitigasi gempa bumi diperlukan sejak dini. Dengan adanya pengenalan tentang mitigasi gempa bumi, ketika terjadi bencana gempa bumi diharapkan anak-anak yang merupakan kelompok rentan dapat melakukan penyelamatan diri sehingga dapat meminimalkan jumlah korban gempa bumi. Latihan penyelamatan diri dikemas dalam sebuah permainan simulasi interaktif, anak dapat belajar tindakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat terjadi gempa. Metode perancangan yang digunakan observasi, affinity diagram, analisis dan studi literatur mengenai mitigasi gempa bumi. Melalui studi simulasi gempa bumi diharapkan dapat memberikan informasi tentang alur simulasi gempa dengan terstruktur. Media edukasi ini menerapkan konsep experiential learning. Experiential learning secara harfiah berarti belajar dari aktifitas mengalami dan merefleksikan apa yang telah dipelajari. Anak sekolah dasar menyukai pembelajaran yang melibatkan mereka dalam suatu kegitan. Sehingga konsep experiential learning dapat membantu mereka mudah memahami wawasan yang diberikan oleh guru atau fasilitator. Media edukasi dengan konsep experiential learning ini bertujuan menanamkan wawasan tentang gempa bumi dengan melibatkan anak dalam simulasi.
============================================================================================================================
Indonesia located in a series of fire rings that stretch along the Pacific plate which is the most active tectonic plate in the world. This zone contributes to the occurrence of earthquakes and almost all of them are large earthquakes in the world. As a country prone to earthquakes, the introduction of earthquake mitigation is needed early. With the introduction of earthquakes and earthquake mitigation, it is expected that when an earthquake strikes children who are vulnerable groups can save themselves so that they can minimize the number of earthquake victims. Self-rescue exercises are packaged in an interactive simulation game, where children can learn what actions they should and should not do during an earthquake. Through the study of earthquake simulation activities it is expected to provide information about the flow of the simulation in a structured manner. The design method used is observation, depth interview, affinity diagram and literature study on earthquake mitigation. This game aims to instill insights about earthquakes by involving children in simulations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gempa bumi, Edukasi, Simulasi, Experiential Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zilza Nur Amalia
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:47
Last Modified: 05 Jul 2024 01:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70395

Actions (login required)

View Item View Item