Perancangan Komik Digital "Pangeran Diponegoro" sebagai Media Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional

Insani, Kirana (2019) Perancangan Komik Digital "Pangeran Diponegoro" sebagai Media Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311340000087-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311340000087-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pangeran Diponegoro adalah salah satu sosok pahlawan nasional yang terkenal dengan jasanya sebagai pemimpin Perang Jawa di tahun 1825-1830. Sebagai salah satu tokoh pahlawan nasional yang tercatat di dalam sejarah, sudah selayaknya kita mengenal sosok tersebut. Namun, mengenal sosok tokoh sejarah tidak semudah hanya dengan membaca. Sebagian besar orang tidak mudah menghafal suatu hal yang penting hanya dengan bacaan namun lebih efektif dengan media lain seperti media kreatif. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mempermudah memahami makna sejarah utamanya di jenjang SMA. Meningkatnya minat masyarakat (utamanya generasi muda) terhadap komik digital dapat menciptakan peluang baru untuk penyampaian kisah pahlawan nasional dengan metode storytelling berbentuk ilustrasi dalam sebuah media platform digital. Metode penelitian yang digunakan antara lain adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dimana metode pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali informasi terkait dengan tokoh pahlawan Pangeran Diponegoro sebagai subyek perancangan utama. Yang dilakukan adalah wawancara mendalam kepada pelaku yang meneliti langsung sosok Pangeran Diponegoro dan analisa artefak sebagai sumber referensi visual. Penelitian dalam bentuk kuantitatif juga dilakukan dalam bentuk kuisioner untuk mendapatkan data tentang kebiasaan dan preferensi konsumen terhadap komik digital. Hasil penelitian ini kemudian diformulasikan dalam konsep penceritaan “Sinau Gawe Dolan, Dolan Gawe Paham” dari sumber literasi biografi Pangeran Diponegoro yang diterjemahkan menjadi genre aksi, drama, infografis dan flashback. Media komik digital yang diciptakan merupakan sebuah visual dengan gaya gambar manga/manhwa dengan stilasi yang cenderung sederhana sesuai dengan target pembaca yaitu pasar komik digital webtoon. Gaya gambar jenis ini pun digunakan oleh kreator-kreator lain sebagai sarana pendekatan secara visual kepada target remaja-dewasa utamanya SMA. Fokus pembahasan dari komik ini adalah pada penyampaian nilai karakter heroik dari Diponegoro yaitu berani, berhati mulia, kuat, rela berkorban dan pekerja keras di dalam komik.
================================================================================================================================
Pangeran Diponegoro (lit. Prince Dipa Negara) was one of the Indonesian National Hero who led the Java War in the 1825-1830. As a figure that had been written in the history books and regarded as a national hero, he should be able to be recognized better although exploring the tale of a historical figure by reading is never an easy path. Not every people could understand or remember an important historical event by reading, and those people need a better and more effective medium. The importance of these medium is highlighted by the increasing needs of a more diverse and creative educational medium, such as in the High Schools where the subject is taught in Indonesian History. This idea of new medium, combined with the ever-increasing interest in digital comic by mostly youngsters could introduce a new approach in delivering a historical figure story with a storytelling by using digital comic platform. The scientific method used, that includes qualitative and quantitative, includes in-depth interview to historians related to Pangeran Diponegoro, artefact analysis to create a bank of visual references, and also a quantitative questionnaire to map the target market behaviour and preference towards the digital comic platform. These results then formulated as a storytelling concept “Sinau Gawe Dolan, Dolan Gawe Paham” (lit. Learning made as playing, playing results in understanding) and sourced directly from many sources of biographical contents of Pangeran Diponegoro that is translated in action, drama, infographic, and flashback genre.
The digital comic in this research results in a visual similar to manga/manhwa stylized in a simpler tone that targets the general audience of webtoon. This visual style is mostly used as an approach to teens-young adult market, mostly high schoolers. The focus of the story content is a visual presentation of both historical and heroic value contained by the figure of Pangeran Diponegoro himself, such as brave, noble-hearted, sturdy, self-sacrificing, and a hard working figure.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 741.5 Ins p-1
Uncontrolled Keywords: anak muda, komik digital, Pangeran Diponegoro, pengenalan sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Insani Kirana Dyah Chita
Date Deposited: 16 Apr 2025 05:43
Last Modified: 16 Apr 2025 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70421

Actions (login required)

View Item View Item