Putra, Firdaus Fajar (2015) Studi eksperimen kinerja traksi pada motor hybrid fuboru. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2109100102-Undergraduate_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
2109100102-Paper-2109100102-paperpdf.pdf Download (849kB) | Preview |
Preview |
Text
2109100102-Presentation-2109100102-presentationpdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bahan bakar fosil, khususnya bensin merupakan sumber
daya yang tidak dapat diperbaharui. Menurut data APEC,
cadangan minyak bumi di dunia per 2014 semakin berkurang,
konsumsi bahan bakar fosil tersebut semakin cepat. Atas dasar
tersebut perlu adanya teknologi yang membuat sebuah kendaraan
bisa meminimalkan konsumsi bahan bakar. Perlu adanya
teknologi kendaraan yang irit bahan bakar namun memiliki
performa yang baik. Maka dari itu ditemukanlah teknologi
kendaraan hybrid berbasis dua sumber tenaga dengan jenis
hybrid yang diterapkan pada motor Fuboru. Perlu dilakukan
analisa untuk memanajemen energy pada motor Fuboru karena
menggunakan dua sumber tenaga penggerak. Sebagai kendaraan
hybrid, Fuboru mempunyai tiga mode berkendara, yaitu mode
berkendara hybrid, full electric, dan engine only. Agar dalam
pengoperasiannya dapat memaksimalkan daya dan mengurangi
kerugian daya dari dua sumber tenaga penggerak. Perlu
dilakukan pengujian torsi, gaya dorong dan juga percepatan dari
ketiga mode berkendara
Untuk mengetahui besarnya torsi dari ketiga mode
berkendara dari kendaraan maka dilakukan pengujian kendaraan
pada water brake dynamometer. Hasil dari water brake
dynamometer akan menjadi input data untuk mencari besarnya
gaya dorong dari kendaraan. Data yang didapat dari water brake
dynamometer berupa besaran torsi sebagai fungsi dari putaran
roda. Dari data ini, diambil data torsi yang nantinya diubah
menjadi gaya dorong (Ft) sebagai fungsi dari kecepatan. Besarnya gaya dorong ini merupakan hasil pembagian dari torsi
terhadap jari-jari dinamik roda kendaraan. Sementara untuk
kecepatan roda didapat melalui konversi putaran roda dalam
satuan rpm menjadi kecepatan. Setelah didapat kedua data, baru
setelah itu dihasilkan grafik fungsi gaya dorong dan percepatan
sebagai fungsi dari kecepatan kendaraan. Pada penelitian ini
dilakukan analisa perhitungan gaya dorong pada kendaraan
dengan memperhatikan gaya hambat rolling resistance, gaya
hambat udara (drag force). Percepatan didapat melalui
pengujian perubahan kecepatan dengan waktu yang dibutuhkan.
Percepatan yang didapatkan akan diubah dalam bentuk grafik
sebagai fungsi kecepatan ketiga mode berkendara.
Adapun hasil yang didapat Nilai Torsi maksimal pada
pengujian dynotest dengen mode engine adalah 37,179 Nm pada
putaran 37,179 rpm. Sedangkan nilai torsi listriknya mencapai
nilai 45,3 Nm pada putaran 2. Nilai Gaya Dorong (Ft) maksimal
pada pengujian dynotest dengen mode engine adalah 184,05 N
dengan nilai kecepatan 17,68 km/jam. Sedangkan nilai Ft
listriknya mencapai nilai 244,257 N pada kecepatan 0,1522
km/jam. Nilai percepatan maksimal engine yang dilalui oleh
kendaraan Fuboru TXDM50 adalah 1,88 m/s2 dengan nilai
kecepatan 7,6 km/. Sedangkan nilai percepatan listriknya
mencapai nilai 1,54 m/s2 pada kecepatan 4,03 km/jam.
============================================================================================================
Fossil fuels, particularly gasoline is a resource that is not
renewable. According to data from APEC, oil reserves in the world
by 2014 on the wane, the consumption of fossil fuels is growing
fast. On the basis of the need for technology that makes a vehicle
to minimize fuel consumption. The need for technologies that fuel
efficient vehicles, but has a good performance. Thus it was
discovered technology-based hybrid vehicle with two types of
hybrid power source is applied to the motor Fuboru. Analysis is
required to manage energy in the motor Fuboru because it uses
two sources of propulsion. As a hybrid vehicle, Fuboru has three
driving modes, namely the hybrid driving mode, full electric, and
the engine only. So that the operation can maximize power and
reduce power losses from the two sources of propulsion. Necessary
to test torque, thrust and acceleration of the three driving modes
To determine the magnitude of the torque of the third
driving mode of the vehicle, the vehicle testing on a water brake
dynamometer. Results of water brake dynamometer will be the
input of data to find the magnitude of the thrust of the vehicle. Data
were obtained from a water brake dynamometer in the form of
massive torque as a function of rotation of the wheel. From this
data, the data retrieved torque which later transformed into thrust
(Ft) as a function of speed. The magnitude of the thrust is the result
of the division of torque to the dynamic wheel radius of the vehicle.
As for the wheel speed obtained through the conversion in units of
rpm wheel rotation into speed. Having obtained the data only after
it is generated graph of the function thrust and acceleration as a function of vehicle speed. In this research thrust calculation
analysis on the vehicle with due regard to drag rolling resistance,
the air drag (drag force). Acceleration obtained through testing
speed changes with the time it takes. Acceleration obtained will be
converted in the form of a graph as a function of the third speed
driving mode.
The results obtained maximum torque value in testing
mode dynotest dengen engine is 37.179 Nm at 37.179 rpm rotation.
While the value of the electrical torque reaches a value of 45.3 Nm
at round 2. Rated Thrust (Ft) maximum in test mode dynotest
dengen engine was 184.05 N with the value of the speed of 17.68
km / h. While the value of electricity reached a value of 244.257 Ft
N at a speed of 0.1522 km / h. Maximum engine acceleration value
traversed by vehicles Fuboru TXDM50 is 1.88 m / s2 the value of
the speed of 7.6 km /. While the value of the electric acceleration
reaches a value of 1.54 m / s2 at a speed of 4.03 km / h.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.227 5 Put s |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Energi, gaya dorong, Rolling resistance, drag force, mode berkendara |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL448 Electric motorcycles |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 02:58 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 02:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72389 |
Actions (login required)
View Item |