Perencanaan Tebal Perkerasan Untuk Perbaikan Kerusakan Jalan Akibat Beban Berlebih Pada Ruas Jalan Nganjuk – Bojonegoro, Km 55+500 Sampai Km 61+700, Kabupaten Nganjuk

Rasyid, Anggoro Dias Ainur (2020) Perencanaan Tebal Perkerasan Untuk Perbaikan Kerusakan Jalan Akibat Beban Berlebih Pada Ruas Jalan Nganjuk – Bojonegoro, Km 55+500 Sampai Km 61+700, Kabupaten Nganjuk. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000167-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111640000167-Undergraduate_Theses.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka menunjang pembangunan nasional, keberadaan jalan memiliki peran yang sangat penting, karena jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang dibutuhkan oleh semua sektor, antara lain: ekonomi, sosial budaya, pengembangan wilayah, pariwisata, pertahanan keamanan, serta sektor-sektor lainnya. Oleh karena itu, jalan harus dalam kondisi baik dan memadai sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sedangkan jalan yang rusak akan menghambat serta mengganggu aktivitas masyarakat. Seperti yang ditemui pada ruas Jalan Nganjuk – Bojonegoro. Tepatnya sepanjang 1,2 kilometer dari panjang total kurang lebih 6,2 kilometer, yang mengalami kerusakan cukup parah. Kerusakan tersebut terjadi akibat muatan kendaraan berat yang mengangkut material pada saat pelaksanaan pembangunan jalan tol segmen Ngawi - Kertosono dan pembangunan jalan rel kereta ganda (double track). Selain muatan berlebih, kondisi saluran drainase pada ruas jalan tersebut tidak berfungsi secara maksimal, karena saluran juga berfungsi sebagai irigasi sawah sekitar. Dalam Tugas Akhir ini, akan direncanakan perbaikan kerusakan perkerasan, dengan membandingkan secara menyeluruh antara perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Perencanaan tebal struktur keduanya menggunakan metode Bina Marga 2017. Dengan usia rencana 20 tahun untuk perkerasan lentur dan usia rencana 40 tahun untuk perkerasan kaku. Dalam perencanaan, ada dua jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Untuk data primer berupa data kerusakan jalan dan data kerusakan drainase. Sedangakan untuk data sekunder berupa data jumlah penduduk, data PDRB, data PDRB per kapita, data lalu lintas, dan data HSPK. Setelah ditetapkan tebal struktur untuk masing - masing jenis perkerasan, dilakukan analisis biaya awal konstruksi dan pemeliharaan, setelah itu memilih alternatif jenis konstruksi yang akan ditetapkan.
Berdasarkan hasil analisa data yang ada, didapatkan jenis perkerasan kaku sebagai perbaikan kerusakan Jalan Nganjuk - Bojonegoro dengan tebal perkeraan lapis drainase 15 cm, lapis pondasi LMC 10 cm dan tebal plat beton 30,5 cm. Dengan biaya awal konstruksi dan pemeliharaan sebesar Rp 65.515.137.600.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai kerusakan jalan, kerusakan drainase, karakteristik lalu lintas, perkerasan lentur, perkerasan kaku, dan analisis biaya.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anggoro Dias Ainur Rasyid
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:43
Last Modified: 15 Jul 2024 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72919

Actions (login required)

View Item View Item