Perencanaan Dermaga Pupuk NPK Di Tersus PT. Pupuk Kalimantan Timur Untuk Kapal Bulk Carrier Dengan Kapasitas 10.000 DWT

Nugroho, Muhammad Dwi (2020) Perencanaan Dermaga Pupuk NPK Di Tersus PT. Pupuk Kalimantan Timur Untuk Kapal Bulk Carrier Dengan Kapasitas 10.000 DWT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111745000042-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
03111745000042-Undergraduated_Theses.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan produsen pupuk terbesar di Asia dengan total aset pada tahun 2015 sebesar Rp. 93,13 triliun dan total kapasitas produksi pupuk mencapai 13,1 juta ton per-tahun. Hal ini sangat masuk akal mengingat indonesia merupakan negara agraria sehingga dalam prosesnya sangat membutuhkan pupuk yang akan memberikan nutrisi tambahan agar tanaman tumbuh subur. Untuk memenuhi penugasan Pemerintah kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) yang merupakan pemilik saham dari PT. Pupuk Kalimantan Timur dalam pemenuhan suplai pupuk NPK bersubsidi di dalam negeri dan NPK non subsidi ke luar negeri.
Dengan adanya rencana pengembangan fasilitas di tersus PT. Pupuk Kaltim yaitu dengan membangun dermaga khusus pupuk NPK. Pengembangan ini diharapkan dapat membantu proses distribusi pupuk NPK dengan efektif, efisien, dan cepat. Dermaga yang direncanakan adalah dermaga jenis quadrant shiploader untuk kapasitas kapal 10.000 DWT. Perencanaan dermaga ini telah diwujudkan dalam bentuk rencana pengembangan dermaga. Namun untuk mewujudkan pembangunan tersebut diperlukan detail engineering desain yang meliputi sistem fender dan boulder, perencanaan trestle, pivot, loading platform, mooring dolphin, breasting dolphin, catwalk, pemancangan, dan detail penulangan. Selain detail engineering desain, perlu ditinjau juga terhadap kedalaman air pada alur masuk tersus PT. Pupuk Kaltim. Untuk pengerjaan pembetonan pada tugas akhir ini direncanakan menggunakan beton konvensional atau cor in situ, namun dalam metode pelaksanaannya, pihak kontraktor dapat mengupayakan menggunakan sistem pracetak namun tetap mengacu pada desain yang telah direncanakan pada tugas akhir ini. Perencanaan dermaga tidak hanya mencakup perencanaan fasilitas laut serta perencanaan struktur dermaga saja. Selain itu perlu juga direncanakan terkait metode pelaksanaan pembangunan dana dalam perencanaan dermaga juga harus ditinjau terkait rencana anggaran biaya dari dermaga tersebut. Dari hasil analisis perhitungan didapatkan kebutuhan dermaga dengan dimensi trestle sebesar 4 x 50 m2, pivot 8 x 14 m2, loading platform 3 x 82 m2, mooring dolphin 3,8 x 3,8 m2, breasting dolphin sebesar 4,8 x 4,8 m2. Rencana anggaran biaya untuk pembangunan dermaga ini adalah sebesar Rp.75.959.142.300=============================================================================Indonesia is the largest fertilizer producer in Asia with the total assets of Rp. 93.13 trillion in 2015 and the total fertilizer production capacity reaches 13.1 million tons per year. This make sense because indonesia is an agrarian country, so in the process it requires the kind of fertilizer that will provide additional nutrients to the plants. To fullfill the government’s assignmnet to PT. Pupuk Indonesia (Persero) which is the holding of PT. Pupuk Kaltim in fullfilling domestic subsidized NPK fertilizer supply and non-subsidized NPK abroad.
With the planned development of facilities at PT. Pupuk Kaltim is to build a special pier for NPK fertilizer. This development is expected to help the NPK fertilizer distribution process effectively, efficiently, and quickly. The planned is a quadrant shiploader type dock for 10,000 DWT vessel capacity. This pier planning has been realized in the form of a pier development plan. However, to realize this development, detailed engineering design is needed which includes fender and boulder systems, trestle planning, pivot, loading platforms, mooring dolphin, breasting dolphin, catwalk, piling, and reinforcement details. In addition to the detailed engineering design, it is also necessary to review the depth of the water in the PT. East Kalimantan Pupuk. Concrete work in this final project is planned to use conventional concrete or in situ concrete, but in the method of implementation, the contractor can try to use a precast system but still refers to the design that has been planned in this final project. Pier planning does not only include planning sea facilities as well as pier structure planning. In addition, it is also necessary to plan related to the method of implementing the construction of funds in the pier planning.
From the calculation analysis results obtained the need for the pier with trestle dimensions of 4 x 50 m2, pivot 8 x 14 m2, loading platform 3 x 82 m2, mooring dolphin 3.8 x 3.8 m2, breasting dolphin at 4.8 x 4.8 m2. The planned budget for the construction of this pier is Rp.75.959.142.300,-

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 627.31 Nug p-1 2020
Uncontrolled Keywords: Trestle, Pivot, Loading Paltform, Mooring Dolphin, Breasting Dolphin, Caltwalk, Sistem Konvensional, Metode Pelaksanaan, Rencana Anggaran Biaya.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Dwi Nugroho
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:55
Last Modified: 27 Mar 2023 01:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73651

Actions (login required)

View Item View Item