Analisis Ketebalan Weld Overlay Cladding Pada Dinding Tangki Chemical Tanker Memakai Metode Eddy Current Test (ECT)

Iusela, Kevin (2020) Analisis Ketebalan Weld Overlay Cladding Pada Dinding Tangki Chemical Tanker Memakai Metode Eddy Current Test (ECT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000091-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111540000091-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang industri perkapalan, baja karbon merupakan paduan material yang seringkali dijadikan bahan utama pelat kapal. Karena memiliki resistance terhadap korosi yang cukup rendah, diperlukan material yang tahan akan korosi seperti stainless steel untuk melapisi baja karbon terutama pada pelat tangki ruang muat kapal tanker yang memuat cairan yang bersifat korosif. Tetapi, ketebalan aktual dari lapisan stainless steel serta dimensi, permeabilitas dan konduktivitasnya tidak dapat diketahui. Maka dari itu, diperlukan Non Destructive Testing (NDT) untuk mengetahui ketebalan aktual dari lapisan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketebalan aktual dari lapisan cladding dari material cladding stainless steel SS309 pada baja karbon A36 berukuran 225 x 100 x 18 mm yang digunakan sebagai blok kalibrasi dan baja karbon A36 berukuran 100 x 50 x 18 mm sebagai spesimen uji dengan metode Eddy Current Testing (ECT). Frekuensi probe yang digunakan pada penelitian ini adalah 15 kHz, 30 kHz, 50 kHz dan 500 kHz. Metode pengelasan cladding menggunakan metode pengelasan Shielded Metal Arc Welding. Elektroda yang digunakan yaitu stainless steel SS309. Ketebalan cladding dibuat dengan ketebalan yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tebal lapisan cladding stainless steel maka akurasi pembacaan yang dihasilkan melalui alat Eddy Current Testing (ECT) semakin baik. Dari grafik hasil pengujian yang membandingkan hasil pengujian dari blok kalibrasi dan spesimen uji menunjukkan bahwa probe dengan frekuensi 500 kHz merupakan probe yang mempunyai akurasi pembacaan yang lebih baik dibandingkan dengan probe dengan frekuensi lainnya. Hal tersebut dapat dibuktikan setelah membandingkan hasil pengujian dari keduanya pada frekuensi 500 kHz yang menunjukkan persentase perbedaan yang paling kecil yaitu dengan rata-rata sebesar 2%. Hasil pembacaan yang paling optimum ditemukan pada blok 4 yaitu pada rata-rata ketebalan 7,41 mm.
=================================================================================================================================
In the shipping industry, carbon steel is an alloy material that is often used as the main material for ship plates. Because it has a fairly low corrosion resistance, corrosion resistant materials such as stainless steel are needed to coat carbon steel, especially on tank tanker plates containing corrosive liquids. However, the actual thickness of the stainless steel coating and its dimensions, permeability and conductivity cannot be known. Therefore, Non Destructive Testing (NDT) is needed to determine the actual thickness of the layer. This study aims to determine the actual thickness of the cladding layer of SS309 stainless steel cladding material on A36 carbon steel measuring 225 x 100 x 18 mm which is used as a calibration block and A36 carbon steel measuring 100 x 50 x 18 mm as a test specimen with the Eddy Current method Testing (ECT). The frequency of the probes used in this study were 15 kHz, 30 kHz, 50 kHz and 500 kHz. Cladding welding method uses the Shielded Metal Arc Welding method. The electrodes used are SS309 stainless steel. Cladding thickness is made with different thicknesses. The results of this study indicate that the thicker the stainless steel cladding layer, the accuracy of the readings produced through the Eddy Current Testing (ECT) tool the better. From the test results graph comparing the test results from the calibration block and test specimens show that the probe with a frequency of 500 kHz is a probe that has a better reading accuracy compared to probes with other frequencies. This can be proven after comparing the test results of the two at a frequency of 500 kHz which shows the smallest percentage difference with an average of 2%. The most optimum reading results are found in block 4 at an average thickness of 7.41 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 671.52 Ius a-1 2020
Uncontrolled Keywords: Stainless Steel, Cladding, Actual Thickness, Eddy Current Testing
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kevin Iusela
Date Deposited: 14 May 2024 05:44
Last Modified: 14 May 2024 05:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73779

Actions (login required)

View Item View Item