Nugraha, Muhammad Arief (2020) Analisis Kinerja pada DC Shunt Motor Control Kit PE482 dengan Percobaan Skala Laboratorium. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
Muhammad Arief Nugraha_Tugas Akhir_04211540000081.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Indonesia adalah negara yang mempunyai sector maritime yang cukup besar. Tentunya dengan perkembangan maritime, teknologi yang diterapkan pun berkembang. Salah satu teknologi yang berkembang adalah electric propultion system. Electric propultion system menggunakan motor listrik sebagai penggerak kapal. Motor listrik pun bermacam jenisnya, antara lain motor AC dan motor DC. Motor DC memiliki karakteristik yang unik dibanding motor AC, salah satunya adalah lebih mudah untuk pengoperasiannya untuk penggunaan daya yang cukup besar. Dan motor DC dapat mengatur putarannya sedemikian rupa, sehingga dapat bergerak sesuai dengan yang diinginkan. Pada penelitian ini akan dilakukan eksperimen menggunakan DC Shunt Motor Control Kit PE482 yang ada pada laboratorium Marine Electrical and Automation System. PE482 akan menjadi sistem pembanding yang akan dibandingkan dengan mesin diesel yang ada pada kapal pembanding. Pada kondisi tanpa beban, pada saat daya 50% motor akan memberikan kecepatan sebesar 89.5%. Pada kondisi load point 2, pada saat daya 50% motor akan memberikan kecepatan sebesar 89.7%. Pada kondisi load point 4, pada saat daya 50% motor akan memberikan kecepatan sebesar 90.2%. Pada kondisi load point 6, pada saat daya 50% motor akan memberikan kecepatan sebesar 93.4%. Pada kondisi load point 8, pada saat daya 50% motor akan memberikan kecepatan sebesar maksimum. Sedangkan, pada kondisi 50% daya diesel akan mengeluarkan kecepatan sebesar 73.9%. Namun, ketika daya mesin diesel maksimum, kecepatannya akan maksimum. Berbeda dengan, motor DC Shunt PE482B jika diberikan daya maksimum, ketika tanpa beban pada kecepatan 57%, pada load point 2 pada kecepatan 34%, load point 4 pada kecepatan 3%, load point 6 pada kecepatan 33%, dan pada load point 8 16%.
=================================================================================================================================
Indonesia is a country that has a fairly large maritime sector. Of course, with the development of maritime, the technology applied has also developed. One technology that has developed is the electric propulsion system. The electric propulsion system uses an electric motor as a boat propeller. Electric motors also have various types, including AC motors and DC motors. DC motors have unique characteristics compared to AC motors, one of which is easier to operate for the use of a large enough power. And a DC motor can adjust its rotation in such a way that it can move as desired. In this study, an experiment will be conducted using DC Shunt Motor Control Kit PE482 in the Marine Electrical and Automation System laboratory. PE482 will be a comparison system that will be compared with diesel engines on comparator ships. In no-load conditions, at 50% power, the motor will provide a speed of 89.5%. At load point 2, at 50% power, the motor will provide a speed of 89.7%. At load point 4, at 50% power, the motor will provide a speed of 90.2%. At load point 6, at 50% power, the motor will provide a speed of 93.4%. At load point 8, at 50% power, the motor will provide maximum speed. Meanwhile, at a condition of 50% diesel power will issue a speed of 73.9%. However, when diesel engine power is maximum, the speed will be maximum. In contrast, DC Shunt PE482B motor if given maximum power, when no load at 57% speed, at load point 2 at 34% speed, load point 4 at 3% speed, load point 6 at 33% speed, and when load point 8 16%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.850 3 Nug a-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | Motor DC Shunt, Performa, Mesin Diesel, Sistem Propulsi |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Arief Nugraha |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:17 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/74152 |
Actions (login required)
View Item |