Devina, Reta Sandra (2020) Faktor-Faktor Kompetensi Terhadap Kinerja Klien Proyek Pada Perusahaan Transportasi Publik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211850025041-Master_Thesis.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam menghasilkan kinerja yang baik selama kegiatan perusahaan, seorang pegawai harus memiliki suatu kemampuan/kompetensi dalam menjalankan tugas yang diberikan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing sehingga dapat menghasilkan kinerja yang baik. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua perusahaan menempatkan pegawai pada posisi/jabatan yang sesuai dengan kemampuan/kompetensinya. Pada perusahan klien proyek ada dugaan bahwa ketidak sesuaian kompetensi yang dimiliki pegawai perusahaan menjadi penyebab keterlambatan, buruknya kualitas, dan terjadinya perselisihan selama berlangsungnya siklus proyek yang berarti buruknya kinerja dari sebuah proyek. Penelitian ini ditemukan beberapa faktor kompetensi pada karyawan klien yang mempengaruhi kinerja proyek klien individu di perusahaan transportasi publik di PT. K. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah karyawan PT. K. Pengumpulan data menggunakan survey berupa kuisioner. Data yang ada pada kuisioner dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini adalah 8 kompetensi individu yang mempengaruhi kinerja pegawai perusahaan PT. K yang terbentuk dalam 2 faktor. Faktor 1 berupa kompetensi dasar pada karakteristik individu terdiri dari pengetahuan teknis/teoritis, pengetahuan prosedural, kemauan menjalin hubungan baik, keterampilan psikomotor, keterampilan spesifik pekerjaan, pengetahuan tacit, dan pemahaman tujuan interaksi dan konflik. Pada faktor 2 berupa kompetensi tingkat atas pada pengembangan individu terdapat berpikir kritis dan kreatif.
==================================================================================================================================
In terms of producing good performance during company activities, an employee must have an ability / competency to carry out the assigned tasks according to their main tasks and functions. However, in its implementation, not all companies place their employees in their suitable positions / positions that are well-fitted with their capabilities / competencies. In the project client company, there is an allegation that the lack of competencies by their company employees is the cause of delays, poor quality, and the occurrence of disputes during the project cycle which causes the poor performance of a project. This paper reports the several competency factors on client employees that affect individual client project performance in PT. K. The research sample of this study are employees of PT. K. Data collection using a questionnaire, the data on the questionnaire is analyzed using factor analysis. The results of this research resulted 8 individual competencies that affect the performance of employees of PT. K formed in 2 factors. Factor 1 is a basic competency on individual characteristics consisting of technical/theoretical knowledge, procedural knowledge, willingness to establish good relations, psychomotor skills, job specific skills, tacit knowledge, and understanding of interaction and conflict objectives. In factor 2 of the top level competence on the development of individuals there are critical and creative thinking.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTMT 658.312 5 Dev f-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, faktor analisis, kinerja |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Reta Sandra Devina |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/74504 |
Actions (login required)
View Item |