Desain Mobil Pedesaan dengan Konsep Multifungsi sebagai Sarana Penunjang Aktivitas Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Bangkalan, Madura).

Maydianta, Mohammad Carendy (2020) Desain Mobil Pedesaan dengan Konsep Multifungsi sebagai Sarana Penunjang Aktivitas Masyarakat (Studi Kasus Kecamatan Bangkalan, Madura). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000127-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08311540000127-Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan, terutama dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat, tak terkecuali bagi masyarakat pedesaan. Dengan berbagai macam mata pencaharian serta kebutuhan masyarakat yang beragam terutama pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan seperti mengangkut hasil tambak seperti ikan/udang, mengangkut hasil panen pertanian maupun perkebunan, ditambah dengan kondisi medan yang telah tidak rata, berkelok, berlubang, berlumpur, dan berbatu. Maka dari itu dibutuhkan sarana transportasi yang dapat menunjang kebutuhan dan aktivitas masyarakat di pedesaan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan aktivitas di pedesaan. Penulis memilih Kecamatan Bangkalan yang terletak pada pulau Madura ini untuk di jadikan studi dan analisis wilayah dan kondisi geografisnya sebagai dasar pembuatan desain transportasi ini. Metode dimulai dengan melakukan SOP (Standar Operational Procedure) dalam melakukan analisis aktivitas, analisis geografis, hingga analisis user. Penulis juga menggunakan metode Shadowing dan Story telling untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih optimal. Konsep yang digunakan Multifungsi dan Tough, mobil multifungsi yang dapat menunjang berbagai aktivitas dan kebutuhan masyarakat dengan desain yang sesuai dengan kondisi medan di pedesaan.
=============================================================================================================================
Transportation is one of the important aspects in supporting the success of development, especially in supporting the economic activities of the community, not least for rural communities. With a variety of livelihoods and diverse community needs, especially in the agriculture, forestry, and fisheries sectors such as transporting farm products such as fish/shrimp, transporting agricultural and plantation crops, coupled with uneven terrain conditions, winding, hollow, muddy, and rocky. Therefore transportation facilities are needed to support the needs and activities of rural communities.
This research is expected to provide solutions for various needs of activities in rural areas. The author chose the Bangkalan Subdistrict located on the island of Madura to be made into the study and analysis of the region and geographical conditions as the basis for making this transportation design. The method starts with conducting SOP (Standard Operational Procedure) in conducting activity analysis, geographical analysis, up to user analysis. The author also uses the Shadowing and Story Telling methods to get more optimal analysis results. The concept used is Multifunctional and Tough. A multifunctional transportation which devoted to provide the activities and needs of rural communities with compatible design to geographical condition in rural areas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mobil Pedesaan, Multifungsi, Tough
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mohammad Carendy Maydianta
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:22
Last Modified: 08 Jul 2024 06:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75228

Actions (login required)

View Item View Item