Studi Perbandingan Hasil Perencanaan Optimal Jembatan Penyeberangan Orang (Jpo) Bertingkat Akibat Beban Statis Dan Beban Dinamis Manusia Berjalan

Rahman, Azizur (2016) Studi Perbandingan Hasil Perencanaan Optimal Jembatan Penyeberangan Orang (Jpo) Bertingkat Akibat Beban Statis Dan Beban Dinamis Manusia Berjalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3114105040-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114105040-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manusia sebagai beban dinamis sangat berpengaruh
dalam merencanakan jenis struktur tertentu, seperti stadion,
lantai gedung olahraga, atau JPO. Apabila beban manusia
tersebut tidak diperhitungkan sebagai beban dinamis maka dapat
menjadi penyebab kegagalan struktur. Hal ini dikarenakan beban
dinamis manusia menghasilkan reaksi vertikal dan horizontal
yang dapat menimbulkan vibrasi dan resonansi.
Dalam studi ini dilakukan pemodelan beban akibat manusia
berjalan dari literatur yang ada. Model beban berupa beban
manusia individu.. Dengan menggunakan program SAP2000,
pembebanan ini akan dihitung secara dinamis, sehingga akibat
orang yang berjalan akan menghasilkan reaksi vertikal dan
horizontal serta berubah terhadap waktu. Dari pengujian ini dapat
dilihat kekuatan dan perilaku dinamis struktur JPO akibat beban
dinamis manusia berjalan. Selanjutnya dilakukan optimasi
elemen-elemen struktur JPO dan membandingkan hasil
perencanaan JPO akibat beban statis dan beban dinamis manusia
berjalan. Kemudian melakukan pengecekan kekuatan sambungan
pada JPO eksisting
Uji kasus dilakukan untuk menganalisa JPO bertingkat di Jl.
Ngagel No. 123 Surabaya. Dari hasil analisa struktur berdasarkan
beban hidup statis 250 kg/m
2 dan 310 kg/m2 sudah memenuhi
persyaratan kekuatan. Akan tetapi apabila dianalisa menggunakan
beban hidup statis 500 kg/m2 struktur tidak aman. Struktur yang
dianalisa menggunakan beban dinamis manusia berjalan
mempunyai rasio perbandingan beban yang terjadi dengan beban
nominal yang mampu dipikul oleh profil baja (PMM) dan
displacement lebih kecil dibandingkan analisa menggunakan
beban statis. Perilaku dinamis sruktur tidak terjadi resonansi dan
masih nyaman digunakan oleh pejalan kaki. Dengan menggunakan
beban dinamis dapat diperoleh struktur yang optimal
========================================================================================Humans as a dynamic loads would greatly affect to
the design of certain types of structures such as stadiums,
floor for sport, or footbridge. If the kind of loads was not
considered in the design as dynamic loads that could be the
cause of structural failure. It is because the human dynamic
load generates vertical and horizontal reaction can cause
vibration and resonance.
The modeling of the dynamic loads was based on
existing literatures. The human loads were modelled as an
individual load. These loads were calculated as a dynamic
load by using SAP2000, thus the responses on the structure
would be as vertical and horizontal vibrations. The strength
and dynamic behavior of footbridge structure due to the
dynamic load of human walking were studied in this final
project. Furthermore, the optimization of the structural
elements of footbridge and compare results of footbridge
planning due to the static load and the dynamic load of
human walking. Then checking the connection strength to the
existing footbridge
A study case was conducted to analyze an example of
multilevel footbridge at Jl. Ngagel No. 123 Surabaya. The
analysis of the structure based on the static live load of 250
kg/m2 and 310 kg/m2 have meet the strength requirements. If
the analyzed using the static live load of 500 kg/m2
, the
structure was not safe. The structure analyzed using a
dynamic load of human walking has the ratio of PMM and
displacement smaller than the analysis using a static load.
The resonance did not occur in the structure and it was still
pleasant to be used by pedestrians. By using the dynamic load
then it can be obtained an optimal design of the structure.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Rah s
Uncontrolled Keywords: Jembatan Penyeberangan Orang, Beban Manusia Berjalan, Optimasi, Resonansi
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 12 Mar 2020 09:58
Last Modified: 12 Mar 2020 09:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75467

Actions (login required)

View Item View Item