Prototype Sistem Cerdas Untuk Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Daya Listrik di Rumah Tinggal

Rabbani, Farras (2020) Prototype Sistem Cerdas Untuk Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Daya Listrik di Rumah Tinggal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000155_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000155_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan energi listrik setiap tahunnya terus meningkat. Untuk mengimbangi hal ini, harus dilakukan penghematan energi listrik dengan manajemen yang baik. Salah satu upaya adalah menerapkan sebuah sistem yang dapat mengawasi dan mengendalikan energi tersebut. Dengan menggunakan Relay dan pengendalian melalui Web maka proses pengendalian akan semakin mudah. Untuk melakukan pengendalian digunakan relay yang terhubung ke Microcontroller Wemod D1 Mini sebagai switching on-off. Proses switching ini memiliki dua buah kondisi. Kondisi pertama digunakan untuk mematikan listrik perangkat eletronik, dan kondisi dua adalah menyalakan listrik perangkat elektronik. Untuk pengawasan beban listrik dari perangkat elektronik berupa tegangan, arus, faktor daya, Kwh, dan biaya.
Saat ini di negara kita telah dikembangkan listrik prabayar disamping listrik pasca bayar yang telah berjalan, fungsi dari listrik prabayar ini adalah untuk dapat mengendalikan penggunaan dari listrik itu sendiri. Namun, penggunaan listrik prabayar tidak sepenuhnya digunakan secara optimal oleh pelanggan, dikarenakan pelanggan tidak mengetahui beban dari alat listrik yang digunakan sehingga tidak dapat melakukan pengendalian. Dari permasalahan itu menggunakan sensor PZEM-004T untuk pengambilan data yang akan diukur.
========================================================================================================================
The need for electricity every years to increase. To compensate for this, electrical energy savings must be made with good management. One effort is to implement a system that can monitor and control the energy. By using Relay and control via the Web, the control process will be easier. To control the relay is used which is connected to the WeMos D1 Mini Microcontroller as on-off switching. This switching process has two conditions. The first condition is used to turn off the electricity of electronic devices, and the second condition is to turn on the electricity of electronic devices. For the supervision of electrical loads from electronic devices in the form of voltage, current, power factor, Kwh, and cost.
Currently in our country prepaid electricity has been developed besides running postpaid electricity, the function of prepaid electricity is to be able to control the use of electricity itself. However, the use of prepaid electricity is not fully used optimally by the customer, because the customer does not know the load of the electrical equipment used so that it cannot control. From this problem using the PZEM-004T for taking of data to be measured.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IoT Technology, Arduino IDE, MySQL, Teknologi IoT, Arduino IDE, MySQL
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farras Rabbani
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:38
Last Modified: 11 May 2023 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76608

Actions (login required)

View Item View Item