Pengembangan Desain Mobil Unit Untuk Sarana Berjualan Buah Segar

Raharjo, Ditri Guritno (2016) Pengembangan Desain Mobil Unit Untuk Sarana Berjualan Buah Segar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3409100075-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3409100075-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tren dan gaya hidup sehat saat ini sedang berkembang di masyarakat, orang berlomba untuk menjaga kesehatan dengan berbagai cara mulai dari olahraga, hingga menjaga asupan gizi dan makanan. Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Penelitian ini bertujuan untuk memberi metode baru dalam memasarkan buahbuahan segar yang bisa langsung dikonsumsi ke konsumen langsung. Menggunakan dua metode penelitian data yaitu data primer berupa survey langsung ke usaha supermarket kemudian supplier buah dan pasar yang potensial serta dengan memakai data sekunder untuk menyelaraskan hasil dari data primer. Hasil penelitian menunjukan adanya tren dan kebutuhan untuk mobil unit yang menjual buah segar dan pasar masih terbuka untuk pengembangan mobil unit ini. Sedangkan variabel yang berpengaruh pada perancangan ini adalah jumlah buah yang dibawa dan dijual, operator pekerja, sistem pendinginan. Dari hasil pengamatan data primer dan sekunder dapat ditarik kesimpulan bahwa penjualan buah segar memerlukan sistem pendingan, sistem penyimpanan dan jumlah buah yang dijual menentukan platform kendaraan yang digunakan. Dilihat dari sisi pengembangan bisnis, penggunaan mobil unit untuk sarana berjualan memberi manfaat berupa kendaraan bisa mendatangi pembeli di lokasi potensial dan bisa berpindah lokasi. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi yang dapat dilakukan adalah merancang mobil unit untuk saran berjualan buah segar yang bisa menampung dan menampilkan buah segar sehingga menarik konsumen untuk membeli buah segar.
======================================================================================================
Healthy life become accepted for people nowadays, many people maintain their body by keep doing exercises and consume fresh fruit and vegetables. However one of the method are consuming healthy food and fresh fruit. This reasearch aims to give new methods for selling fruit and cuts fruits to consumer in public or outdoor activities which can easily mobile. This study using two approaches , through primary data by asking, survey, to fruit seller. And using secondary data by using web, journal, research and to obtained data from primary data. Based on this research, people needs to get new method and a chance for market issue for this development car mobile project. Most influence variable for this research are fruit stock, working people, cold storage system, and total stock for fruit, and car platform. By this research , this car can be use for selling in public space such as school, hospital, public market and also this car can mobile easily. This research can be develop a car design for selling fruit so that atrract people.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 629.231 Rah p 3100016067825
Uncontrolled Keywords: desain mobil unit, buah segar, sarana berjualan
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 06 Aug 2020 03:30
Last Modified: 06 Aug 2020 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77061

Actions (login required)

View Item View Item