Penerapan Teknologi Realitas Virtual Imersif dan Interaktif untuk Visualisasi Data Peneliti

Adhiyaksa, Fariz Ardin (2020) Penerapan Teknologi Realitas Virtual Imersif dan Interaktif untuk Visualisasi Data Peneliti. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111640000158-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111640000158-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknologi imersif adalah teknologi yang memungkinkan seseorang merasa berada di dalam dunia virtual dan mampu berinteraksi secara langsung dengan dunia tersebut seakan-akan tidak ada pemisah antara dunia virtual dengan dunia nyata. Salah satu teknologi imersif adalah perangkat Realitas Virtual perangkat realitas virtual mampu menciptakan lingkungan 3-dimensi yang imersif senhingga pengguna merasa berada didalam dunia virtual
Penggunaan realitas virtual umumnya digunakan pada game. Namun penggunaan perangkat Realitas Virtual juga dapat digunakan untuk visualisasi data. Penggunaan teknologi imersif seperti perangkat Realitas Virtual tergolong baru. Pengguna mampu mengeksplorasi data secara imersif menggunakan perangkat Realitas Virtual. Ide dalam Tugas Akhir ini adalah membangun aplikasi untuk visualisasi data peneliti menggunakan perangkat Realitas Virtual. Aplikasi ini dibangun menggunakan arsitektur client-server serta menggunakan kerangka kerja Unity3D dan Flask micro web framework.
Hasil dari pengujian dari Tugas Akhir ini telah terpenuhi dan dapat disimpulkan bahwa Tugas Akhir berjudul Penerapan Teknologi Realitas Virtual Imersif dan Interaktif untuk Visualisasi Data Peneliti ini dapat berjalan menggunakan arsitektur client-server dengan baik secara fungsional. Selain mendapatkan hasil yang baik dari sisi fungsional, hasil pengujian dari pengguna juga mendapatkan hasil baik dengan penilaian 1-6 yaitu mendapatkan 5.27 untuk kejelasan informasi, 5.09 untuk kemudahan akses dan 5.18 dalam pengaturan tata letak pada aplikasi Realitas Virtual untuk visualisasi data peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Realitas Virtual, Visualisasi Data, Virtual Reality, Data Visualization
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fariz Ardin Adhiyaksa
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:07
Last Modified: 26 May 2023 06:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77068

Actions (login required)

View Item View Item