Kaffa, Niswah Selmi (2019) Analisis Alternatif Geometrik Jalan Akses Bendungan Tiga Dihaji Menggunakan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dengan Memperhatikan Kerentanan Bencana Longsor. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03311850012002-MASTER_THESIS.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh dewasa ini sangat efektif dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan teknik sipil. Salah satunya yaitu pada penentuan rute geometrik jalan. Namun sejauh ini, belum ada perencanaan geometrik jalan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memperhatikan kerentanan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute geometrik jalan akses Bendungan Tiga Dihaji menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh dengan memperhatikan faktor kerentanan bencana longsor sejalan dengan tata guna lahan dan faktor konstruksi.
Pemetaan dilakukan dengan metode tumpang-tindih (overlay) peta kerentanan longsor, tutupan lahan dan faktor konstruksi. Hasil pemetaan ini dijadikan acuan dalam menentukan alternatif perencanaan geometrik jalan akses bendungan Tiga Dihaji. Penentuan alternatif dilakukan dengan menggunakan metode manual dan cost distance. Analytical Hierarchy Process (AHP) diterapkan untuk memilih satu rute terbaik dari alternatif yang tersedia. Adapun data yang diperlukan pada penelitian ini adalah Digital Elevation Model (DEM), citra satelit SPOT 7, citra satelit Landsat 8, peta persebaran tanah, peta persebaran batuan, data curah hujan satelit TRMM, peta IGD 1:50.000, dan data perencanaan jalan akses Bendungan Tiga Dihaji.
Hasil dari analisis ini menunjukkan alternatif jalan akses bendungan Bendungan Tiga Dihaji yang paling sesuai adalah dengan melakukan perencanaan manual berdasarkan pemetaan gabungan yang telah dilakukan dengan mempertimbangkan RTRW dan ketentuan Dinas Pekerjaan Umum. Jalan alternatif tersebut masing-masing sepanjang 2,95 km untuk seksi 1 dan 0,695 km untuk seksi 2 yang mencakup Kelurahan Sukarena dan Sukabumi.
======================================================
Geographic Information System (GIS) and remote sensing nowadays are very effective in solving problems related to Civil Engineering. One of them is determining the route geometric. However, so far, there has been no route geometric planning with GIS considering the disaster vulnerability. This study aims to determine the Tiga Dihaji Dam access route geometric using GIS and remote sensing considering landslide vulnerability in line with land use and construction factors.
The mapping is carried out by overlaying of landslide vulnerability, land cover and construction factors. The mapping result is used as a reference in determining the geometric planning alternative for the Tiga Dihaji dam access route. The alternatives determination is conducted using the manual and cost distance methods. Anaytical Hierarchy Process (AHP) is applied to choose the best route from the available options. The data needed in this study are Digital Elevation Model (DEM), SPOT 7 satellite imagery, Landsat 8 satellite imagery, soil distribution map, rock distribution map, TRMM satellite rainfall data, IGD map 1:50.000, and the data of the Tiga Dihaji dam access road planning.
The result of this analysis shows that the most suitable alternative of Tiga Dihaji Dam access route is a manual planning route based on the final mapping, thus regarding the Regional Spatial Plan (RTRW) and the provisions issued by Public Work Department. These alternative routes are 2.95 km long for section 1 and 0.695 km for section 2, which cover the Sukarena and Sukabumi sub-districts.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometrik Jalan, Kerentanan Longsor, Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis, Geographic Information System, Landslide Vulnerability, Remote Sensing, Road Geometry |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems. G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.5.I4 Remote sensing T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Niswah Selmi Kaffa |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 12:38 |
Last Modified: | 31 May 2023 14:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/78040 |
Actions (login required)
View Item |