PEMODELAN PENGOPERASIAN PINTU AIR DAN POMPA AIR DI BOEZEM KALIDAMI DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Setiawan, Budi (2020) PEMODELAN PENGOPERASIAN PINTU AIR DAN POMPA AIR DI BOEZEM KALIDAMI DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Thesis Budi Setiawan Final.pdf]
Preview
Text
Thesis Budi Setiawan Final.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Boezem Kalidami merupakan salah satu bagian dari jaringan drainase primer yang ada di Kota Surabaya berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kota Surabaya Tahun 2018-2038. Boezem ini memiliki luas sebesar 2,09 Ha dan daya tampung air sebesar 61.971 m3. Fungsi utama dari adanya Boezem Kalidami yaitu sebagai pengendali banjir pada kawasan sub-sistem Kalidami di Kota Surabaya. Boezem ini terletak di hilir Saluran Kalidami yang dekat dengan wilayah laut bagian timur Kota Surabaya. Untuk menjaga aliran air pada saluran dan Boezem Kalidami tetap lancar, Pemerintah setempat telah membangun beberapa infrastruktur di sekitar Boezem Kalidami yaitu 4 buah pintu air dan 7 buah pompa banjir. Permasalahan yang perlu diperhatikan saat ini adalah operasional 4 buah pintu air dan pompa air belum dilakukan secara prosedural. Sehingga diperlukan adanya prosedur baku yang dapat menjadi acuan bagi operator yang bekerja di boezem tersebut.
Untuk dapat membuat sebuah prosedur operasional pintu air dan pompa air pada boezem tersebut, maka dibutuhkan data-data dan informasi terkait skema aliran air pada saluran dan Boezem Kalidami. Dengan mengetahui dan menganalisis skema aliran yang ada pada saluran dan Boezem Kalidami, maka akan dapat disusun prosedur yang tepat untuk diterapkan dalam pengoperasian pintu air dan pompa air pada Boezem Kalidami. Dalam thesis ini, skema aliran air dalam sistem drainase Kalidami di modelkan dengan alat bantu SWMM 5.1. Kemudian, hasil analisa dari pemodelan tersebut digunakan untuk menyusun prosedur pengoperasian pintu air dan pompa air berdasarkan konsep Fuzzy Logic.
Hasil pemodelan sistem drainase Kalidami dengan menggunakan SWMM 5.1 menghasilkan nilai RMSE (Root Mean Square Error) sebesar 0,207 . Sehingga model tersebut cukup layak untuk dijadikan acuan analisis sistem drainase Kalidami. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa saluran dan boezem akan terisi penuh apabila sistem drainase menerima limpahan air hujan periode ulang 5 tahun. Kemudian, prosedur buka tutup pintu air dan pompa air telah disusun untuk menghasilkan debit outflow yang lebih besar dari debit inflow sehingga ketinggian air di dalam boezem dapat berkurang.

Kata kunci: Fuzzy Logic, Pintu Air, Pompa Air, Boezem Kalidami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Logic, Pintu Air, Pompa Air, Boezem Kalidami
Subjects: Q Science
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Budi Setiawan
Date Deposited: 23 Aug 2020 15:10
Last Modified: 03 Jul 2023 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79194

Actions (login required)

View Item View Item